Selasa, 07 Februari 2023 10:44 WIB

Pola Hidup Sehat bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

Responsive image
696
Julianto - RS Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta

Mencegah selalu lebih baik dari mengobati, Itulah sebabnya, sebelum terlanjur sakit, ada baiknya bagi kita untuk selalu menerapkan pola  hidup sehat. Pola hidup sehat sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang Dengan Gangguan Jiwa  Ketika sedang sakit atau Ketika dalam masa pemulihan perlu juga melakukan modifikasi pada pola  hidupnya karena sangat berpengaruh dalam proses pemulihan.

Lantas!!! Bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat   bagi  Orang Dengan Gangguan Jiwa?

1.    Berbicara apa yang sedang dirasakan

berusaha berkomunikasi dengan orang lain, dimulai dari teman dekat kita. Mulailah dengan “ Aku sedang butuh teman curhat”, memang diawal sulit mengutarakan apa yang sedang kita rasakan, namun ketika kita menemukan orang yang tepat untuk berbagi, maka perlahan masalah kita terasa lebih ringan untuk dihadapi.

2.    Pola makan yang baik dan seimbang

Makanan yang kita makan tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, tetapi juga berpengaruh pada naik-turunnya suasana hati kita. Pola makan sehat dan seimbang secara keseluruhan, yang menyediakan segala nutrisi penting bagi tubuh, akan dapat banyak membantu ketika seseorang mengalami depresi . Perbanyak mengkonsumsi buah,sayur, kacang-kacangan ikan dan  minum air putih yang cukup

3.    Olahraga

Luangkan waktu 15 s/d 30 menit setiap harinya untuk olah raga. Olah raga secara teratur akan membuat tubuh lebih sehat.Dengan berolahraga juga dapat mencegah terjadinya  depresi dan kecemasan

4.    Melakukan kegiatan yang disukai

Salah satu cara menghilangkan atau mengurangi  stres yang cukup efektif adalah dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Coba lakukan kegiatan yang membuat Anda merasa bahagia saat melakukannya, misalnya menulis, memancing, membaca buku dll

5.    Hindari narkoba dan rokok

Efek Konsumsi narkoba dan rokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental. Gangguan kesehatan mental menjadi efek negatif dari penggunaan narkoba jangka panjang. Hal ini disebabkan kandungan pada narkoba yang dapat memicu gangguan pada otak. Baik dalam sistem saraf maupun fungsi otak. 

6.    Terima diri apa adanya

Manusia diciptakan sang pencipta sebagai individu yang unik dan tidak sama deengan yang lainya. Menerima  apa adanya diri sendiri dan terus mengembangkan potensi yang dimiliki akan membuat kita terus menjadi pribadi yang unik

7.    Mintalah pertolongan

Jangan ragu untuk mendatangi professional kesehatan jiwa seperti psikiater, psikolog, perawat jiwa dan dokter umum yang terlatih ketika mengalami  suatu hal yang tak nyaman dipikiran dan perasaan.

Demikian tips atau cara menerapkan Pola Hidup Sehat bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa . Bagi teman – teman yang membutuhkan  pelayanan intensive masalah kesehatan jiwa bisa langsung datang ke RS Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta (RSJSH) dan dapat  juga dengan memanfaatkan  Layanan TELEMEDICINE  yaitu layanan konsultansi online. RSJSH juga mempunya layanan penjemputan pasien Gaduh Gelisah / pasung yaitu SEJIWA yang siap melayani penjemputan 24 Jam Serta layanan SIMPATIQ yaitu layanan Deteksi dini masalah kesehatan jiwa pada anak dan remaja berbasis Komunitas, dan layanan HOME CARE.

Referensi :

Organization and Health. Diakses pada 2022. The Role Of Unhealthy Lifestyles In The Incidence And Persistence Of Depression: a Longitudinal General Population Study In Four Emerging Countries.

Health Hub. Diakses pada 2022. 10 Essential Tips for Mental Well-Being.