Senin, 06 Februari 2023 14:12 WIB

Terapi Nutrisi Medis pada Diabetes Melitus Tipe 2 (Series 1)

Responsive image
5182
Dr. Ida Bagus Aditya Nugraha, M.Biomed, SpPD, FINA - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Diabetes atau gangguan pengaturan kadar gula sebagai dua penyakit kronis yang memerlukan pengobatan jangka Panjang. Membahas diabetes atau penyakit gangguan kadar gula darah ini tidak akan ada habisnya, dan setiap pembahasan akan menarik untuk disimak dan diharapkan para pembaca dapat mengerti bagaimana peranan yang sangat berharga dari sharing atau berbagi informasi yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para pembaca sekalian.

Terapi nutrisi atau pengaturan makanan yang tepat  merupakan salah satu bagian dari empat pilar pada penanganan diabetes. Ibarat dalam sebuah tim seperti kesebelasan dalam permainan sepak bola, tidaklah bisa dokter khususnya kami di dokter spesialis penyakit dalam melakukan perjuangan seorang diri , namun harus didukung oleh multi disiplin tim yang terdiri dari beberapa tim seperti edukator, ahli gizi, podiatris atau bagian perawatan kaki, perawat, dokter sendiri, dan dukungan keluarga atau care giver. Untuk pengaturan nutrisi memang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien DM agar dapat mencapai sasaran pengendalian kadar gula darah nya.

Komposisi beberapa makanan yang dianjurkan dalam pemilihan diet yang baik bagi pasien DM adalah keseimbangan antara makronutrien dan mikronutrien seperti karbohidrat, lemak, protein, serta beberapa mikronutrien seperti vitamin, mineral, natrium, serat, dan faktor faktor dari luar seperti pemanis buatan. Berikut kami akan paparkan sedikit beberapa pertimbangan dalam pemilihan tersebut.

Karbohidrat

Karbohidrat yang dianjurkan merupakan komponen utama dari asupan energi karena menyangga sekitar 45-65?ri total asupan energi. Karbohidrat dalam Bahasa awamnya adalah seperti bensin atau bahan bakar, meskipun merupakan sumber utama dalam pemilihannya diharapkan tidak terlalu berlebih dan tidak terlalu kurang, jadi jumlahnya tepat. Pasien dianjurkan tetap dapat konsumsi makan dengan frekuensi 3 kali sehari, dengan memilih karbohidrat yang biasanya bersumber dari beras seperti beras merah yang tinggi karbohidrat, rendah indeks gula, namun kalori tetap baik, sehingga dapat mengatasi permasalahan tingginya karbohidrat, serta jangan lupa diselingi dengan makanan selingan seperti snack buah di sela makan pagi dan siang.

Lemak

Asupan lemak yang dianjurkan sekitar 20-25% kebutuhan kalori, serta tidak diperkenankan melebihi 30% total dari asupan energi.  Biasanya asupan lemak tidak bisa dihindarkan untuk dikonsumsi namun terpenting untuk menghindari konsumsi lemak yang tergolong lemak jenuh dan lemak trans seperti contoh berupa daging berlemak atau susu full cream.

Protein

Protein merupakan komponen zat pembangun yang juga sangat penting untuk diketahui. Biasanya pada pasien diabetes dengan gangguan ginjal perlu dilakukan pembatasan protein agar tidak terjadi penumpukan dalan jumlah besar sehingga justru malah akan merusak ginjal. Beberapa sumber protein yang disarankan seperti ikan, udang, cumi, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, kacang-kacangan, tahu, tempe.

Natrium

Pemeriksaan atau pemantauan tekanan darah pada pasien Diabetes ini menjadi sangat penting terkait dengan perlu atau tidaknya pembatasan natrium dalam tubuh. Natrium biasa didapat pada garam, seperti kita ketahui sehari hari tidak bisa dilepaskan tanpa garam, namun seberapa jumlah yang tepat dan pas harus disesuaikan misal pada pasien diabetes dengan hipertensi hal tersebut harus disesuaikan.

Serat

Jumlah konsumsi serat yang disarankan sekitar 20-35 gram per hari

Demikian informasi awal yang kami berikan terkait pemilihan nutrisi pada pasien Diabetes. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat.

 

Referensi :

Pedoman Pengelolaan dan Pencegahan DMT2 di Indonesia. PERKENI. 2021

American Diabetes Association. ADA. Diabetes Care in Specific Settings. Diabetes Care. 2019

American Diabetes Association. ADA. Comprehensive Medical Evaluation and Assesment of Comorbidities: Standard of Medical Care in Diabetes-2020. Diabetes Care 2020.

American Diabetes Association. ADA. Glycemic Targets. 2020.