Senin, 06 Februari 2023 14:07 WIB

Mengenal Cara Pemakaian Insulin yang Praktis dan Mudah

Responsive image
25918
Ida Bagus Aditya Nugraha, Wira Gotera - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Pernahkah sobat sehat mendengar istilah insulin? Atau sepertinya sudah familiar dengan kata insulin ini ya. Baik sobat sehat pedia sekalian seperti kita ketahui insulin sangat penting dalam pengobatan atau tata laksana penyakit peningkatan kadar gula darah atau biasa disebut Diabetes Melitus. Pada penyakit Diabetes Melitus sering terjadi gangguan insulin alami yang ada di dalam tubuh kita sehingga memerlukan insulin dari luar untuk meningkatkan efektivitas kerja nya, sehingga pengetahuan akan insulin kepada para sobat sehat pedia sangat penting diberikan di awal agar masyarakat lebih aware dan mengetahui nya.

Insulin merupakan hormon yang terbentuk secara alami dan diproduksi oleh pankreas. Insulin dibutuhkan untuk mengangkut gula dari darah ke dalam sel-sel tubuh yang kemudian digunakan untuk menghasilkan energi.

Cara pemberian insulin secara umum adalah dengan melakukan injeksi/suntikan insulin dengan cara yang sangat mudah dan praktis. Telah terjadi perkembangan dalam teknik penggunaan insulin dari masa ke masa, kalau beberapa tahun yang lalu dengan suntikan spuite 1cc dan harus dilakukan penyedotan insulin, namun saat ini teknik tersebut telah dimodifikasi dan melakukan suntikan dalam alat yang disebut dengan pena insulin yang sangat mudah sekali. Berikut disajikan beberapa langkah dalam injeksi insulin

1.    Persiapkan insulin dengan baik, lepaskan tutup pada pen insulin, serta memasang jarum pada pen dengan baik dan tepat apabila belum terpasang.

2.    Hilangkan kertas pembungkus pada jarum serta memutar jarum ke arah yang tepat.

3.    Setelah langkah 1 dan 2, pastikan memeriksa apakah masih ada sisa udara di dalam pen.

4.    Mengaktifkan tombol dosis insulin dan memutar dosis sesuai dengan dosis atau takaran pasien.

5.    Memilih lokasi pada bagian tubuh yang akan disuntikkan,biasanya pada bagian bawah lemak, sub kutan, di bawah perut, atau lipatan perut, paha luar, atau lengan atas.

6.    Memulai suntikan dengan teknik mencubit lokasi yang akan disuntik, lalu secara perlahan lahan menekan dengan 4 jari ke dalam pen insulin dan memastikan dengan menghitung selama 10 detik untuk insulin agar terserap masuk dan tidak ada sisa.

Terapi insulin harus bersifat individual dan diseimbangkan dengan asupan makanan dan olahraga. Terpenting kepatuhan dalam waktu, tepat cara penyuntikan, serta tepat dosis dan jangan lupa mengganti jarum insulin secara berkala agar tidak nyeri atau sakit saat disuntik, dan semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk para sobat sehat. Salam Sehat, Sehat Indonesia. Terima Kasih.

 

Referensi:

Diabetes basics. American Diabetes Association website. diabetes.org.(Diakses 09 Juli 2022)

Diabetes treatment: using insulin to manage blood sugar. Mayo Clinic website. mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/ diabetes-treatment/art-20044084.(Diakses 09 Juli 2022)

Konsensus Penatalaksanaan DMT2 di Indonesia. PERKENI. 2021. Available at : https://pbperkeni.or.id/unduhan. ( Diakses : 09 Juli 2022)

Pedoman Petunjuk Praktis Insulin dalam Diabetes Melitus Tipe 2. PERKENI 2021. Available at : https://pbperkeni.or.id/unduhan. ( Diakses : 09 Juli 2022)

Badan Pengawas Obat dan Makanan. Available at : https://pionas.pom.go.id/cari/konten/insulin. Akses: 12 Juli 2022