Senin, 06 Februari 2023 09:11 WIB

Sehat itu Bahagia

Responsive image
1129
Yunus, S.Kep, Ners - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Bicara soal hidup sehat dan bahagia,bisa dikatakan dambaan semua orang bukan? Ya,wajar saja setiap kita bertambah usia sering kali kita dengar ucapan hidup sehat dan bahagia pada saat hari ulang tahun maupun hari raya. Kesenangan ataupun kesedihan manusia dapat diekspresikan dengan tertawa, ragam motif yang memunculkan aktifitas tertawa akan berdampak pada fisik ataupun psikis. Dampak tersebut dapat berupa efek yang memberikan manfaat atau bahkan kemudharatan. Hal ini dapat dirasakan secara langsung dan juga dapat melalui diagnosa. Biasanya melalui diagnosa inilah detail dari dampak tertawa dapat dianalisis. Tertawa dijelaskan dalam Alquran dan hadis, karena tertawa adalah fitrah atau naluri manusia “dan bahwa Dia-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis”. Tertawa tidak terliputkan dalam pembahsan hadis, tertawa merupakan bagian dari sikap manusia yang sangat erat dengan etika ataupun muamalah. Pentingnya membiasakan hidup sehat dan memberikan tanggung jawab pada diri sendiri keluarga maupun lingkungan sekitar adalah sesuatu yang harus kita tanamkan dari awal untuk mencapai hidup sehat dan bahagia.

Kualitas Hadits Tentang Kesehatan Tertawa:

Hadis dikatakan shahih jika rawinya ‘adil serta kuat hafalannya, shahih apabila matan hadis tidak janggal atau syadz, matannya harus bersambung (mutassil) serta tidak memiliki matan yang cacat. Selain dari rawi dan sanad penilaian terhadap kualitas hadis dapat dipengeruhi oleh faktor matannya yang tidak memiliki kejanggalan dan kecacatan. Pada tabel di atas tidak terdapat pendapat yang negatif mengenai para rawinya tetapi hadis dari jalur Zaid bin Arqam belum ditemukan letak tajrih. Walaupun tidak semua perawi yang terdapat pada sanad mendapat peringkat tsiqah dan tidak pada peringkat pertama. Tetapi, hadis di atas masih berada dalam tataran ta’dil, tsiqah di antara Az- Zahabi dan Ibn Hajar berbeda tipis. Tsiqah (adil dan dhabit) dalam pandangan Ibn Hajar berposisi sebagai peringkat ke-III, Sedangkan Az- Zahabi menempatkan lafadz tersebut pada peringkat ke-II.

Hmm, tanpa berlama- lama berikut kunci dari hidup sehat dan bahagia dengan cara sederhana :

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->1. Mencintai Diri Sendiri

Ada pepatah mengatakan “Semua dimulai dari diri sendiri”,hal yang paling utama untuk mencapai hidup sehat dan bahagia kamu harus mencintai dirimu sendiri tidak perlu ingin menjadi seperti orang lain.Contohnya apa saja sih mencintai diri sendiri? Contohnya yaitu seperti menerima kelebihan tanpa ada rasa tinggi hati,dan merangkul semua kekurangan diri sendiri dengan istilah mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati tanpa ada syarat

Mencintai diri sendiri setulus hati artinya selalu bersyukur atas apa saja hal yang terjadi dalam hidup kita,Jadi ya kita nggak perlu iri dengan orang lain dengan cara seperti membandingkan diri kita dengan orang lain.Marii kita sibukkan diri kita dengan bersyukur,berkembang dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Kemudian,untuk tubuh memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentunya kita harus menerapkan pola hidup yang sehat.Dengan cara sederhana saja seperti menjaga pola makan dan cukupi kebutuhaan gizi tubuh kita.Dan tak lupa juga minum air putih yang cukup dan istirahat yang cukup dan sempatkan berolahraga yang sederhana saja seperti berjalan-jalan,pola hidup sehat yang mudah dan sederhana bukan? Yang pasti walaupun sederhana tetap dapat menjaga kebugaran tubuh kita

3. Memiliki Work Life Balance

Arti work life balance sendiri apa sih? Work life balance yaitu keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.Hal ini sangat penting tapi seding dilupakan oleh banyak orang terlebih lagi orang yang terlalu sibuk dalam pekerjaannya.Padahal saat kamu melakukan work life balance kamu dapat menikmati hidup dan meminimalisir stress.Untuk menikmati work life balance kamu harus bekerja efisien dan maksimal sehingga tidak ada perkerjaan yang tertunda atau sampai dibawa kerumah.Kita harus mengetahui batasan diri kita saat kita mulai merasa jenuh dengan perkerjaan ada kalanya kita mengambil cuti untuk sedikit meringankan beban yang ada dipikiran.Intinya kita harus pandai-pandai mengelola stres kerja karena setiap kerjaan memiliki beban tersendiri.

4. Mewujudkan mimpi atau Tujuan Hidup

Kunci sehat dan bahagia yang terakhir adalah mewujudkan mimpi dan tujuan hidup.Jika seseorang memiliki tujuan atau makna dalam hidup,besar kemungkinannya mereka akan sehat secara fisik,mental dan juga bahagia (Journal of Clinical Psychiatry 2019). Di sisi lain,orang yang masih bimbang dan gelisah dalam menjalankan kehidupannya biasanya memiliki kesehatan mental yang buruk.Dikarenakan dalam menemukan tujuan hidup saat memiliki kesehatan mental yang buruk dapat mempengaruhi suasana hati,hubungan sosial,kesehatan psikologis serta kemampuan untuk berfikir dan bernalar.

Jadi bagi yang belum menentukan tujuan hidupnya hari ini tidak ada kata terlambat. Mulailah hidup dengan menyesuaikan minat dari kita, menyusun Smart Goals dan jangan lupa harus merealisasikannya.

Nahhh... Kawan itu tadi merupakan cara-cara sederhana untuk memulai hidup sehat dan bahagia dapat terealisasikan sesuai keinginan kita dan imbangi dengan sikap konsisten. Akhir kata, selamat mencoba!

 

Referensi :

Journal of Clinical Psychiatry 2019

https://storage.nu.or.id/storage/post/16_9/mid/1601534885.jpg

https://jatenglive.com/images/news/7-Hal-Sederhana-Untuk-Kebahagiaan-Diri-Sendiri-dan-Orang-Lain-news20200508-happy0.jpg