Senin, 06 Februari 2023 08:41 WIB

APM, Solusi Mempercepat Layanan Rawat Jalan

Responsive image
4694
Hanika Indrarini - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->APM adalah Anjungan Pendaftaran Mandiri merupakan fasilitas pelayanan kesehatan rawat jalan terkait pendaftaran yang dilakukan secara mandiri oleh pasien lama yang akan mendaftar di hari H menggunakan perangkat mesin yang telah disediakan. Mesin ini sekilas seperti mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), yang memungkinkan pasien umum maupun pasien JKN BPJS Kesehatan yang telah terdata (pernah berobat di rumah sakit Ortopedi Prof Dr. R. Soeharso sebelumnya) dan telah terverifikasi benar persyaratannya untuk melakukan pendaftaran dan menerima surat SEP (Surat Egibilitas Peserta) tanpa harus melewati loket pendaftaran.

Anjungan Pendaftaran Mandiri RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta merupakan aplikasi berbasis web lokal yang di akses melalui Aplikasi SIMETRIS (Sistem Informasi dan Manajemen RS Terintegrasi) untuk memudahkan pasien umum dan JKN BPJS Kesehatan yang akan berkunjung ke poliklinik RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta dengan lebih cepat, mudah, aman, akurat dan efisien.

Tujuan dibuatnya Anjungan Pendaftaran Mandiri adalah :

1. Memangkas / mengurangi antrean di loket pendaftaran rawat jalan.

2. Memudahkan pasien berkunjung ke poliklinik RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

3. Pengaturan jam kedatangan pasien rawat jalan. Jam kedatangan pasien 30 menit sebelum jam pelayanan, dan sudah tertulis di bukti reservasi setelah pasien melakukan reservasi melalui SIRAJA.

4. Pengaturan jam pelayanan dan kuota dokter. Ini berkaitan dengan point 3 di atas. Diharapkan pasien datang sesuai jam yang tertulis di bukti reservasi, sehingga tidak terjadi penumpukan pasien dalam menunggu pelayanan.

5.  Pengelolaan lahan parkir. Dengan pengaturan jam kedatangan dan pengaturan kuota pelayanan dimungkinkan untuk pengelolaan lahan parkir

6.  Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik

7.  Mempercepat pengelolaan data secara elektronik

8. Memudahkan pasien mendapatkan pelayanan prima di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

9. Mewujudkan birokrasi modern yang efektif dan efisien di lingkungan RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

Alur pelayanan Anjungan Pendaftaran Mandiri di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, sebagai berikut :

1. Melakukan reservasi melalui SIRAJA (Sistem Reservasi Rawat Jalan) dengan alamat pendaftaran.rso.go.id dilakukan mulai H-14 sampai dengan hari H pukul 12.00 WIB selama kuota masih tersedia.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

2.   Setelah melakukan reservasi melalui SIRAJA, pada hari H pasien datang ke RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta langsung menuju bilik Anjungan Pendaftaran Mandiri. Masukkan No.Rekam Medis atau scan barcode bukti reservasi pada mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

3.   Klik “SESUAI” jika identitas yang muncul dilayar Anjungan Pendaftaran Mandiri sudah benar.  

<!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

4.   Otomatis akan keluar cetakan / printout bukti registrasi rangkap dua <!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

5.  Bukti registrasi 1 lembar diserahkan kepada petugas poliklinik yang dituju dan 1 lembar untuk pasien

6.    Pasien menunggu di depan poliklinik tujuan

Sobat sehat RSO, Ayo… manfaatkan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri kami untuk mengurai antrian. Kami sadar merubah kebiasaan itu membutuhkan proses dan sosialisasi. Tapi jangan khawatir, petugas kami siap, sigap dan siaga jika diperlukan untuk edukasi penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri kami.

Terima kasih bagi sobat sehat RSO yang telah memanfaatkan mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri, teruslah menjadi agen perubahan bersama kami. Bersama-sama mewujudkan rumah sakit yang modern sekaligus nyaman bagi segala usia.

Referensi :
Pelayanan RSO

Sumber Foto : Humas-RSO