Kamis, 19 Januari 2023 15:58 WIB

Jajan Ciki Ngebul... Enak atau Berbahaya?

Responsive image
490
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Cikbul atau ciki ngebul sedang jadi trend di beberapa negara, termasuk di Indonesia pada saat ini. Cemilan ini berbentuk sereal yang diselimuti nitrogen cair dan mengeluarkan uap berkabut seperti asap. Setelah memakannya, orang-orang dapat meniup asap dari mulut mereka agar terlihat seperti naga, makanya ada juga yang menyebutnya dengan dragon’s breath. Tentunya hal ini sangat menarik dan unik, terutama di kalangan anak-anak.

Nitrogen cair atau liquid nitrogen adalah nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah, dengan titik didih ?195,79 °C atau ?320 °F. Nitrogen cair ini merupakan unsur kimia yang tak berbau, tak berwarna, dan tak berasa.

Nah, namun tahukah kamu, ternyata dibalik keunikannya nitrogen cair ini berbahaya loh apabila kita konsumsi. Tapi kenapa bahan ini masih banyak banget digunakan dalam proses pembuatan makanan?

Apa yang membuat bahaya?

Nitrogen cair ini sangat dingin, sehingga perlu langkah-langkah yang tepat jika ingin menggunakannya pada makanan. Hal ini dikarenakan nitrogen cair bisa menyebabkan radang dingin dan luka bakar atau cold burn, terutama pada beberapa jaringan lunak, seperti jaringan kulit, tenggorokan terasa seperti terbakar, bahkan dapat terjadi kerusakan internal organ akibat suhu yang sangat dingin. Menghirup uap asap nitrogen dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah. Ini karena dalam 1 liter nitrogen cair akan menghasilkan kurang lebih 700 liter gas. Hal ini semakin berbahaya jika dialami oleh penderita asma. Jadi bila tidak hati-hati, kita bisa terluka ketika menyentuh dan mencernanya.

Kementerian Kesehatan RI sendiri juga telah mengeluarkan surat edaran terkait penggunaan nitrogen cair ini pada produk makanan. Berdasarkan Surat Edaran Nomor KL.02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair pada Produk Pangan Siap Saji, Kemenkes meminta kepada semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul yang banyak dijual di masyarakat ini.

Ingat ya sobat sehat, meskipun unik dan menarik, hidangan yang mengandung nitrogen cair berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Tetap jaga kesehatan kita di masa pandemi seperti sekarang. Salam sehat…

 

Referensi :

www.kemkes.go.id/

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/