Selasa, 10 Januari 2023 12:25 WIB

Yuk Kita Kenali, Apa itu Psoriasis ?

Responsive image
762
Chaerani Pratiwi Firdaus, dr., SpDV - RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung

Apa Itu Psoriasis?
Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang bersifat kronis. Dapat mengenai siapa saja dari usia anak-anak hingga lansia, tetapi lebih sering mengenai kelompok usia 15-30 tahun.

Bagaimana Gejala Psoriasis?
Psoriasis ditandai oleh ruam merah yang menebal, bersisik, serta terasa kering dan gatal. Penyakit ini dapat mengenai seluruh bagian tubuh terutama daerah kulit kepala, siku tangan, punggung bagian bawah, dan lutut. Pada bagian kulit kepala biasanya muncul gejala berupa ketombe. Keluhan juga sering disertai dengan nyeri dan bengkak pada sendi dan kuku menjadi rapuh.

Apa Penyebab dan Pencetus Munculnya Gejala Psoriasis?
Penyebab psoriasis didasari oleh faktor genentik dan keterlibatan sistem imun. Hal ini menyebabkan gangguan pertumbuhan dan diferensiasi epidermal, sehingga kulit menjadi menebal dan bersisik. Faktor-faktor yang dapat mencetuskan timbulnya psoriasis, antara lain:
- Riwayat trauma
- Infeksi
- Faktor psikologis/stress
- Obesitas
- Merokok
- Konsumsi obat-obatan seperti obat antimalaria, obat untuk hipertensi, lithium, dan obat
anti-inflamasi non-steroid

Apakah Psoriasis Dapat Menular?
Psoriasis tidak menular dan tidak mebahayakan orang lain. Sehingga, jika anda kontak dengan pasien psoriasis anda tidak akan tertular penyakit ini.

Bagaimana Pengobatan dan Pencegahan Psoriasis?
Pengobatan psoriasis bertujuan untuk mengurangi gejala. Pengobatan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit. Tindakan yang diberikan dapat berupa pemberian obat oles, obat minum, obat suntik, atau pancaran sinar ultraviolet (fototerapi). Psoriasis dapat dicegah dengan cara menghindari faktor pencetus. Kenali tanda-tanda psoriasis dan berobat ke pelayanan kesehatan terdekat agar keluhan dapat tertangani dengan baik.

 

Referensi
Gudjonsson JE, Elder JT. Psoriasis. Dalam: Kang S, Amagai M, Bruckner. AL, Enk AH, Margolis DJ,
McMichael AJ, et al., editors. Fitzpatrick’s Dermatology. Edisi ke-9 New York: Mc GrawHill;
2019. hal. 457–94.