Senin, 09 Januari 2023 11:26 WIB

Dobutamin Stress Echocardiography (DSE)

Responsive image
2900
dr. Edwin Adhi Darmawan Batubara - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Ekokardiografi, atau echo, adalah tes yang menunjukkan seberapa baik jantung anda bekerja. Pemeriksaan ini menggunakan gelombang suara (ultrasound) untuk menghasilkan gambar bergerak dari jantung. Gambar-gambar ini memungkinkan dokter untuk mengevaluasi aliran darah melalui jantung, melihat bentuk, ukuran, ruang pemompaan jantung (otot), dan fungsi katup – katupnya.

Stress Echocardiography adalah pemeriksaan lanjutan yang dilakukan untuk menilai seberapa baik jantung bekerja di bawah tekanan. “Stres” dapat dipicu dengan berbagai metode, yakni dengan olahraga (treadmill atau sepeda), obat - obatan (dobutamin dan adenosin), serta dengan pacu atrium. Indikasi pemeriksaan stress echocardiography pada penyakit jantung iskemik terbagi dalam beberapa kelompok yakni: (1) diagnosis penyakit jantung iskemik, (2) stratifikasi risiko dan prognosis, (3) evaluasi terapi dan (4) viabilitas.

Dobutamin Stress Echocardiography (DSE) dapat digunakan jika anda memiliki kondisi yang tidak memungkinkan untuk berolahraga. Pemeriksaan dimulai dengan pengambilan gambar pada saat istirahat dan dilanjutkan dengan pemberian infus dobutamin. Dobutamin dimasukkan ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini meniru efek olahraga pada jantung. Tekanan darah dan irama jantung (EKG) anda akan dipantau selama prosedur. Selama pemeriksaan, transduser (berbentuk seperti mikrofon) mengirimkan gelombang suara ultrasonik. Ketika transduser ditempatkan di dada pada lokasi dan sudut tertentu, gelombang suara ultrasonik bergerak melalui kulit dan jaringan tubuh lainnya ke jaringan jantung, di mana gelombang dipantulkan dari struktur jantung. Transduser menerima gelombang pantulan tersebut dan mengirimkannya ke komputer. Komputer kemudian menampilkan mengolah dan menampilkan gambaran dinding dan katup jantung.

Terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan dari gambar ekokardiografi yang diambil saat detak jantung meningkat, atau saat mencapai puncaknya. Gambar akan menunjukkan apakah ada bagian otot jantung yang tidak berfungsi dengan baik saat detak jantung meningkat yang merupakan tanda bahwa bagian jantung mungkin tidak mendapatkan cukup darah atau oksigen karena terdapat pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat.

Tindakan DSE memiliki risiko seperti nyeri dada, meningkatnya tekanan darah, detak jantung menjadi tidak teratur, pusing, mual, kelelahan yang luar biasa, bahkan serangan jantung. Namun anda tidak perlu khawatir dalam menjalani pemeriksaan tersebut karena dokter akan melakukan pemantauan ketat terhadap kondisi anda selama pemeriksaan. Sebelum pemeriksaan, anda mungkin akan diminta untuk puasa. Merokok dan minum minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda, perlu dihenetikan beberapa jam sebelum pengujian. Informasikan kepada dokter tentang semua obat-obatan, vitamin, herbal, dan suplemen yang anda pakai, apakah anda sedang hamil, apakah anda memiliki alat pacu jantung yang ditanam, dan kondisi – kondisi lain terkait medis anda agar dapat diberikan penanganan yang sesuai.

<!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]-->

 

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/16983-exercise-stress-echocardiogram  

https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/dobutamine-stress-echocardiogram#:~:text=What is a dobutamine stress,or a medicine called dobutamine.

https://indonesianecho.org/scientific/pemeriksaan-dobutamin-stress-echocardiography-pada-penyakit-jantung-iskemik-apa-yang-baru-pada-guidelines-ase-2019/

https://medlineplus.gov/ency/article/007150.htm

https://www.advancedcardioservices.com/portals/26/images/JCardiovascEchography_2013_23_1_10_117979_u4.jpg

Sumber gambar: 

https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1598577845/attached_image/ekokardiografi-ini-yang-harus-anda-ketahui-0-alodokter.jpg