Kamis, 05 Januari 2023 09:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Air Putihmu Setiap Hari

Responsive image
1926
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Air merupakan sumber daya alam kedua paling penting untuk makhluk hidup setelah oksigen. Setidaknya 80% tubuh terdiri atas cairan (air). Inilah yang menjadi faktor utama menyebabkan air lebih penting dari nutrisi apapun dalam tubuh.

Air minum adalah nutrisi yang penting. Tubuh memerlukan konsumsi air mineral 1 - 2,5 liter atau sama dengan 6 - 8 gelas sehari. Akan tetapi kebutuhan air setiap individy akan sangat bermacam-macam, tergantung dari kegiatan fisik, berat badan, usia, iklim, dan pola makan.

Kapan Anda Membutuhkan Lebih Banyak Asupan Air?

Berapapun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah harus dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dampak yang akan terjadi apabila kekurangan air adalah mengalami dehidrasi. Waktu yang tepat untuk minum air putih juga membantu memaksimalkan sistem dan fungsi organ pada tubuh.

Beberapa saat tubuh membutuhkan lebih banyak asupan air :

1.      Saat berolahraga atau aktif secara fisik.

2.      Cuaca yang sangat panas.

3.      Saat mengalami demam, diare atau muntah-muntah.

4.      Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari. Sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Apabila tubuh kekurangan air akan terjadi dehidrasi. Dehidrasi dapat merusak aspek fungsi kognitif (konsentrasi menjadi tidak fokus). Dehidrasi sangat berbahaya karena bisa terjadi tanpa adanya gejala yang signifikan. Gangguan dehidrasi yang fatal yaitu bisa menyebabkan pingsan, koma, bahkan kematian.

Gejala Tubuh Tidak Terhidrasi dengan Baik

Gejala awal seseorang kekurangan cairan adalah merasa haus dan urine berwarna lebih gelap dari biasanya.

Gejala yang lainnya yaitu :

1.      Merasa pusing

2.      Sakit kepala

3.      Mulut, bibir, dan mata terasa kering

4.      Buang air kecil dengan intensitas yang jarang

5.      Kurang energi

6.      Kelelahan

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Berikut tips memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya, sehingga dehidrasi dapat terhindarkan :

1.      Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas setiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.

2.      Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.

3.      Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

 

Referensi :

Baharuddin, et al. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Briawan, Dodik., Rachma, Annisa. 2011. Kebiasaan Konsumsi Minuman dan Asupan Cairan pada Anak Usia Sekolah di Perkotaan. Journal of Nutrition and Food. 6(3) : 186-191.