Rabu, 04 Januari 2023 10:55 WIB

Ultrasonografi Doppler

Responsive image
4151
dr. Hans Nuari - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Ultrasonografi Doppler adalah salah satu modalitas diagnostik yang rutin dilakukan pada bidang kedokteran vascular. Pemeriksaan ultrasonografi Doppler menggunakan gelombang suara untuk memvisualisasi aliran darah dalam pembuluh darah. Ultrasonografi Doppler bekerja dengan mengukur pantulan gelombang suara dari objek yang bergerak, sebagai contoh pergerakan sel darah merah dalam pembuluh darah. Cara kerjanya memanfaatkan konsep dari hukum Doppler.

Dalam prakteknya, ultrasonografi doppler juga ada banyak jenisnya, antara lain color Doppler, power Doppler, spectral Doppler, duplex Doppler, dan continuous wave Doppler. Ultrasonografi Doppler digunakan untuk mengetahui kondisi tertentu pada pasien seperti gangguan aliran darah arteri dan vena.

Terdapat beberapa keuntungan dari pemeriksaan ultrasonografi Doppler, yaitu tidak menggunakan radiasi, kemudahan pemeriksaan, ketersediaan alat, dan portabilitas. Namun demikian, pemeriksaan ultrasonografi Doppler tetap harus dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih, seperti seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Prosedur pemeriksaannya cukup mudah dan tanpa nyeri.

Dalam prosedur pemeriksaannya, pasien berbaring di tempat tidur, dapat dilakukan di ruang poliklinik ataupun ruang rawat inap. Pemeriksa menyiapkan alat ultrasonografi, lalu menyiapkan probe yang dilumuri gel untuk menghantarkan gelombang suara. Dalam proses pemeriksaannya, pasien dapat diposisikan senyaman mungkin, namun tetap dapat memvisualisasi area tubuh yang akan diperiksa. Tidak ada efek samping yang berarti dari pemeriksaan ultrasonografi Doppler. Saran untuk berhenti merokok perlu diperhatikan karena merokok dapat menyebabkan penyempitan yang tidak normal pada pembuluh darah.

Hasil ultrasonografi Doppler yang normal artinya tidak terdapat tanda-tanda penyumbatan, gumpalan darah, atau dengan kata lain aliran darah arteri normal. Hasil yang tidak normal berarti terdapat sumbatan dalam pembuluh darah, penyempitan pembuluh darah, refluks atau aliran balik darah, ataupun terbentuknya gumpalan darah/clot. Hasil yang tidak normal harus ditindaklanjuti dengan perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau tatalaksana intervensi non-bedah ataupun pembedahan untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Pemeriksaan ultrasonografi Doppler dapat dilakukan oleh dokter spesialis jantung di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita. Ayo periksakan secara dini kesehatan pembuluh darah Anda sedari dini, jangan tunggu sampai timbul gejalanya!

 

Referensi:

Color Doppler Ultrasound: Purpose, Preparation, Procedure, Results [Internet]. [cited 2022 Oct          31]. Available from: https://www.webmd.com/dvt/doppler-ultrasound-what-is-it

Doppler ultrasound: What is it used for? [Internet]. Mayo Clinic. [cited 2022 Oct 31]. Available              from: https://www.mayoclinic.org/doppler-ultrasound/expert-answers/faq-20058452

Doppler Ultrasound: What Is It, Purpose and Procedure Details [Internet]. [cited 2022 Oct 31].             Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/diagnostics/22715-doppler-ultrasound

Cheung ME, Singh V, Firstenberg MS. Duplex Ultrasound. In: StatPearls [Internet]. Treasure               Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 [cited 2022 Oct 31]. Available from:                                           https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459266/

Sumber gambar: Orami