Rabu, 04 Januari 2023 10:42 WIB

Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung yang Pelu Diwaspadai

Responsive image
4623
dr. Intan Maulinar - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Mengenali penyakit jantung sangat penting bagi setiap karena dapat dengan mudah mewaspadai dan mengetahui tanda awal dari penyakit jantung. Gejala yang ditimbulkan pada setiap orang dapat berbeda – berda tergantung pada jenis penyakit jantung apa yang dialami. Namun, pada umumnya gejala yang ditimbulkan adalah berdebar – debar atau nyeri dada.

Berikut  beberapa gejala awal penyakit jantung yang perlu diwaspadai:

a.       Nyeri dada

Nyeri dada atau yang dalam Bahasa kedokterannya disebut sebagai angina pektoris, merupakan gejala awal dari penyakit jantung koroner. Gejala nyeri dada biasanya dirasakan berupa nyeri seperti tertimpa beban berat, nyeri seperti tertindir, terbakar atau menjalar ke lengan kiri. Nyeri dada ini terjadi Ketika jantung tidak lagi mendapatkann pasokan oksigen yang cukup. Nyeri dada yang dialami akibat serangan jantung biasanya tidak membaik dengan istirahat.

b.      Lebih mudah Lelah, atau mudah capek

Pada seorang yang mengalami penyakit jantung biasanya penderita akan mudah mengalami Lelah atau merasa capek pada saat melakukan aktivitas – aktivitas fisik yang ringan, sehingga terkadang penderita memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

c.       Detak jantung tidak teratur

Pada seorang dengan penyakit jantung berupa gangguan irama, gejala awal yang mungkin ditimnbulkan antara lain dapat berupa detak jantung berdebar tidak teratur, dapat terasa lebih cepat atau dapat terasa lebih lambat.

d.      Nafas pendek atau sengal-sengal

Nafas pendek atau nafas tesengal-sengal yang terjadi setelah melakukan aktivitas ringan menjadi salah satu tanda dari terjadinya penyakit jantug.

e.      Bengkak di punggung kaki atau pergelangan kaki

Bengkak yang diakibatkan oleh penyakit jangtung terjadi karena jantung tidak dapat memompa darah secara optimal sehingga alirah darah ke seluruh dan aliran darah balik ke jantung menjadi terhambat.

 

Referensi:

Kearns, C. E., et al. (2016). Sugar Industry and Coronary Heart Disease Research: A Historical Analysis of Internal Industry Documents. JAMA Internal Medicine, 176(11), pp. 1680–1685.
Mosca, L., et al. (2000). Awareness, Perception, and Knowledge of Heart Disease Risk and Prevention Among Women in The United States. Archives of Family Medicine, 9(6), pp. 506.
American Heart Association (2016). Warning Signs of a Heart Attack.

Sumber gambar: Harapan Rakyat