Rabu, 04 Januari 2023 10:04 WIB

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Responsive image
465
dr. Revan Satrio - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Kolesterol yang tinggi tentu sangat berbahaya bagi tubuh, oleh karena itu sangat penting untuk menurunkan kolesterol yang tinggi dengan cara yang cepat dan tepat untuk mencegah terjadinya penyakit lainnya, seperti penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dikarenakan dapat menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah yang membuat aliran darah terhambat dan nantinya dapat menyebabkan penyakit jantung seperti serangan jantung mendadak.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol yang tinggi sehingga dapat mengendalikan kadar kolesterol diantaranya ;

- Sayuran Hijau

Sayuran hijau berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu. Asam empedu akan terangsang untuk memproduksi lebih banyak asam empedu dan menyebabkan kolesterol menjadi turun. Contoh sayuran hijau yang bekerja untuk menurunkan kolesterol antara lain kangkung, bayam, kubis, labu siam, brokoli. Cara mengolah sayuran hijau adalah sebaiknya dengan cara dikukus atau direbus.

- Ikan dan makanan laut

Ikan laut atau makanan laut berfungsi dalam menurunkan kolesterol karena mengandung lemak omega 3 yang tinggi. Makanan tesebut bekerja dengan cara meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL dan berfungsi untuk  menurunkan terjadinya penyakit jantung.

- Biji- bijian utuh

Biji- bijian terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol dan terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena biji – bijian mengandung beragam nutrisi seperti vitamin, minela, senyawa bioaktif  yang disebut sebagai beta glucan. Beta glucan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

- Kacang – kacangan

Kacang – kacangan mengandung lemak sehat dan asam amino yang bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang sehat. Jenis kacang – kacangan yang sangat baik dikonsumsi adalah macademia, almond dan kenari.

 

Referensi :

Trautwein, E. A. et al. (2018). LDL-Cholesterol Lowering of Plant Sterols and Stanols-Which Factors Influence Their Efficacy?. Nutrients. 10(9), pp.1262.
Better Health Victorial Channel (2018). Cholesterol - Healthy Eating Tips.
Centers for Disease Control and Prevention CDC. Cholesterol.
Jimenez, F. L. Mayo Clinic (2020). Soy: Does it Reduce Cholesterol?

Sumber gambar: Alo dokter