Jumat, 16 Desember 2022 10:29 WIB

Layang Putus bisa Bikin Jantung Putus

Responsive image
233
dr. Lili Widianto - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Halo pembaca setia! Wah, film Layangan Putus sudah lewat sekian bulan loh, tapi trendnya di masyarakat tetap berlanjut dalam sebuah realita ya. Banyak kasus perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, dan perselingkuhan masih kerap terjadi. Eits, tenang dulu, artikel ini bukan berisikan fakta seputar gossip rumah tangga ya. Tahukah kalian, ternyata sudah ada studi yang meniliti tentang hubungan perceraian dengan risiko terjadinya serangan jantung loh. Yuk simak lebih lanjut!

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika pada tahun 2016 meneliti hubungan pengalaman menghadapi perceraian dengan risiko terjadinya serangan jantung. Studi tersebut dilakukan pada orang dewasa yang minimal telah mengalami perceraian sebanyak 1 kali. Perceraian diketahui sebagai salah satu penyebab stress mayor yang dapat menyebabkan masalah emosional, ekonomi bahkan kesehatan fisik.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok masyarakat yang pernah mengalami perceraian mengalami peningkatan risiko untuk mengalami serangan jantung  secara signifikan dibandingkan dengan kelompok masyarakat yang berada dalam rumah tangga yang harmonis. Diketahui juga bahwa kelompok yang mengalami perceraian ≥2 kali mengalami peningkatan angka kejadian serangan jantung secara signifikan bila dibandingkan dengan kelompok yang mengalami perceraian sebanyak 1 kali. Dalam penelitian tersebut dijelaskan juga bahwa beberapa faktor lain yang berkaitan dengan serangan jantung seperti tingkat pendidikan, pendapatan, jenis pekerjaan, merokok, konsumsi alkohol. Faktor tersebut juga telah diuji bandingkan dengan status perceraian dan tidak didapatkan perbedaan signifikan. Sehingga penelitian tersebut membuat hipotesa (kesimpulan sementara) bahwa pengalaman perceraian meningkatkan risiko serangan jantung melalui reaksi stress psikis akut dan kronik. Reaksi stress tersebut diketahui memicu peningkatan hormon kortisol yang dapat mencetuskan tekanan darah meningkat dan peningkatan kadar gula darah yang akan mencetuskan kencing manis. Kedua hal tersebut diketahui merupakan faktor risiko dalam kejadian serangan jantung.

Wah ternyata banyak hal menarik dalam kehidupan keseharian kita yang berkaitan dengan kesehatan jantung ya. Nah, para pembaca setia yang sudah berada dalam ikatan pernikahan, setelah mengikat janji secara agama, setialah dan saling mengasihi, bersama-sama dalam rumah tangga yang bahagia, ayok kita jaga kesehatan jantung bersama! Salam sehat.

 

Referensi:

Matthew E. Dupre, Linda K. George, Guangya Liu and Eric D. Peterson. Association Between Divorce and Risks for Acute Myocardial Infarction. Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes. 2015;8:244–251. https://doi.org/10.1161/CIRCOUTCOMES.114.001291

Sumber Gambar: Free copyright from motionarray.