Rabu, 14 Desember 2022 11:58 WIB

Apa itu Ekokardiografi?

Responsive image
652
dr. Siska Solina - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Apakah anda sering mendengar kata-kata pemeriksaan Ekokardiograpfi saat medical check up kesehatan jantung anda? Sebenarnya apa tujuan kita diperiksa dengan alat ekokardiografi? Mari kita bahas sekarang. Ekokardiografi merupakan alat bantu pemeriksaan jantung yang dapat memberikan informasi mengenai fungsi dan struktur jantung. 

Dokter dapat melihat gambaran ruang-ruang jantung, katup- katup jantung begitupun fungsi nya saat melakukan ekokardiografi sehingga dapat merencanakan terapi atau advice kepada anda. Alat ekokardiografi menggunakan prinsip ultrasound dalam bekerja. Gelombang suara akan  berubah nada ketika mereka memantul dari sel-sel darah yang bergerak melalui jantung dan pembuluh darah anda.

Perubahan ini (sinyal Doppler) dapat membantu dokter anda untuk  mengukur kecepatan dan arah aliran darah di jantung anda. Teknik Doppler umumnya digunakan dalam ekokardiogram transtoraks dan transesofageal. Teknik Doppler juga dapat digunakan untuk memeriksa masalah aliran darah dan tekanan darah di arteri jantung anda yang mungkin tidak terdeteksi oleh ultrasound tradisional. Aliran darah yang ditampilkan pada monitor juga dapat berwarna berfungsi membantu dokter anda menentukan masalah apa pun.

Perbedaan gelombang suara yang dipantulkan oleh organ tubuh tersebut selanjutnya ditangkap oleh alat yang ditempelkan ke pasien lalu diteruskan ke monitor untuk diproses dan  menghasilkan gambar. Dari proses kerja alat tersebut maka alat Ekokardiografi dapat digunakan untuk menilai fungsi dan struktur jantung pada pasien yang mengalami serangan jantung, gagal jantung, persiapan dan evaluasi kesiapan jantung pada pasien kanker yang akan diterapi dengan obat anti kanker, dan juga pada pasien hipertensi untuk mengetahui sejauh mana hipertensi telah mempengaruhi jantung anda. Ekokardiografi dapat diulang sesuai dengan indikasi dari dokter untuk menilai perubahan-perubahan yang terjadi selama anda mengalami pengobatan.

Begitulah penjelasan singkat mengenai ekokardiografi. Semoga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda selama ini.

 

Referensi:

Panduan Pemeriksaan Ekokardiografi di Klinik oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Tahun 2021

Sumber gambar:  Dokumentasi Pusat Jantung Nasional Harapan Kita