Rabu, 14 Desember 2022 11:39 WIB

Pemeriksaan Ankle-Brachial-Indeks (ABI)

Responsive image
9623
dr Edwin Adhi D Batubara - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Penyakit sumbatan pada pembuluh darah tidak hanya terjadi pada pembuluh darah jantung namun dapat terjadi di pembuluh darah lain seperti pembuluh darah kaki atau disebut penyakit arteri perifer (PAP). Penderita penyakit arteri perifer semakin bertambah setiap tahunnya . Hal ini dikarenakan bertambahnya pasien dengan faktor-faktor risiko seperti diabetes mellitus, hipertensi , usia lanjut dan lain-lain. Gejala-gejala yang timbul juga bervariasi seperti keram pada kaki, nyeri pada betis, nyeri pada paha dan tanpa gejala. Karena sering diabaikan maka sulit untuk mendeteksi pasien-pasien yang menderita penyakit arteri perifer.

Pemeriksaan sederhana yang dilakukan untuk memeriksa gangguan atau tanda-tanda jika terdapat sumbatan  adalah pemeriksaan Ankle-Brachial-Indeks (ABI). Pemeriksaan ini ditujukan untuk melihat kapasitas fungsional pembuluh darah kaki. Apabila terdapat sumbatan pada pembuluh darah kaki maka akan mengganggu aliran darah ke kaki. Hal ini akan menyebabkan penurunan tekanan darah pada sehingga menurunkan nilai ABI. Pemeriksaan ABI ini bersifat non-invasif dengan membandingkan tekanan darah sistolik tertinggi pada ekstremitas atas dengan ekstremitas bawah. Selain itu dengan menggunakan portable doppler frekuensi 8-10 MHz untuk mendeteksi aliran darah.

Pemeriksaan ABI sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman untuk merekam hasil yang ideal. Nilai parameter ABI berkisar normal dari 1,0-1,4. Apabila hasil nilai ABI di bawah itu maka terdapat kecurigan seseorang terdapat PAP. Beberapa pengecualian yaitu pada pasien-pasien diabetes mellitus dengan PAP maka pembuluh darahnya akan mengalami kalsifikasi sehingga nilai ABI pasien mungkin akan normal atau tinggi sehingga hasil pemeriksaan menjadi ambigu. Dengan kita mengenali PAP lebih awal, diharapkan dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah ekstremitas dan  menurunkan angka kematian.

 

Referensi :

https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/ankle-brachial-index/multimedia/ankle-brachial-index/img-20008490

Sumber gambar: Mayo Foundation for Medical Education and Research