Selasa, 13 Desember 2022 13:13 WIB

Perawatan Kanul Trakeostomi

Responsive image
10593
Dr. I Putu Kurniyanta, Sp.An, KAP - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Trakeostomi merupakan saluran yang dibuat pada area leher bagian depan untuk membantu dalam bernafas. Tindakan ini umumnya dilakukan pada beberapa kondisi, diantaranya obstruksi pada daerah mulut atau tenggorokan, gangguan bernafas akibat pembengkakkan atau cedera pada paru, rekonstruksi saluran nafas akibat operasi trakea atau laring, proteksi saluran nafas akibat gangguan menelan, dan perawatan jangka panjang pada pasien yang membutuhkan alat bantu nafas.

Kanul trakeostomi adalah tabung kecil yang yang dimasukkan pada lubang trakeostomi sehingga lubang saluran nafas pada leher yang telah dibuat dapat terus terbuka. Kanul trakeostomi umumnya terbuat dari material plastik semifleksibel, plastik rigid, atau metal. Pada sebagian alat, terdapat kanula dalam yang dapat dilepas dan digunakan kembali. Ada juga tipe kanul trakeostomi yang dilengkapi dengan cuff, umumnya digunakan pada pasien dengan ventilasi mekanik. Pada beberapa kasus, akan mendapati pasien pulang dari rumah sakit dengan kondisi terpasang kanul trakeostomi. Selama di rumah, perawatan trakeostomi rutin perlu dilakukan setidaknya satu kali sehari.

Beberapa peralatan yang Anda butuhkan untuk melakukan perawatan kanul trakeostomi antara lain sepasang sarung tangan non steril, wadah bersih, hidrogen peroksida, kassa bersih, air bersih, cotton bud, sikat kecil pembersih pipa, kain, handuk, dan gunting. Sebelum membersihkan kanul trakeostomi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci tangan, kemudian gunakan sarung tangan. Lakukan suction pada kanul trakeostomi. Apabila terdapat kanul dalam, lepaskan bagian kanul dalam tersebut. Bersihkan kanul dalam dengan hidrogen peroksida dan gosok dengan penyikat, setelahnya bilas dengan air bersih, keringkan sepenuhnya dengan kassa, dan kembali pasang pada tempatnya. Ketika melepas ikatan kanul trakeostomi, perhatikan adanya kemerahan, atau bau tidak sedap pada area kulit sekitar. Bila menemukan hal ini segeralah konsultasikan dengan dokter. Ambil cotton bud dan celupkan pada hidrogen peroksida, bersihkan area kanul luar yang terpapar, setelahnya bersihkan dengan kain yang telah dibasahi dengan air. Keringkan dengan handuk bersih, dan ganti ikatan kanul yang baru. Bila Anda mengalami kesulitan untuk melakukan perawatan kanul trakeostomi, jangan ragu untuk bertanya pada perawat atau dokter Anda.

 

 

Referensi:

Tracheostomy Care & Procedure [Internet]. Cleveland Clinic. [cited 2022 Feb 16]. Available from: https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/17568-tracheostomy-care

Tracheostomy Care With an Air Filled Cuff [Internet]. [cited 2022 Feb 16]. Available from: https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/health-wellness-and-safety-resources/helping-hands/tracheostomy-care-with-an-air-filled-cuff