Selasa, 06 Desember 2022 09:38 WIB

Mengenal Alat untuk Mengukur Kedalaman Obat Pelumpuh Otot

Responsive image
1086
Dr. I Putu Agus Surya Panji, Sp.An, - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Pengetahuan yang baik tentang farmakologi obat pelumpuh otot diperlukan agar pemberiannya tepat. Bila pemberiannya tidak tepat, obat pelumpuh otot dapat menyebabkan morbiditas dan mortalitas pada pasien. Obat pelumpuh otot berperan penting selama prosedur intubasi endotrakeal, pemeliharan anestesi, maupun untuk imobilisasi pasien. Berbagai lini dalam bidang kedokteran seperti anestesi, perawatan intensif, dan kegawatdaruratan sangat berkaitan erat dengan penggunaan obat pelumpuh otot.. Secara umum obat pelumpuh otot dibagi menjadi dua yaitu obat pelumpuh otot depolarisasi dan non depolarisasi. Residual dari obat blok neuromuskular dapat memperpanjang pemulihan secara signifikan, meningkatkan risiko komplikasi klinis serius yang dapat menyebabkan peningkatan biaya rumah sakit.

Seiring perkembangan jaman muncul alat untuk mengukur kedalaman obat pelumpuh otot yang bernama TOF-SCAN. Dimana alat tersebut memiliki banyak keuntungan dalam memonitor pasien di ruang operasi maupun di ruang terapi intensif dan sudah digunakan di seluruh dunia hampir 10 tahun lamanya. Keuntungannya diantara lain adalah alat tersebut merupakan pengukuran yang tepat dan objektif, tidak perlu untuk dilakukan kalibrasi, mudah digunakan, dapat digunakan diberbagai bagian tubuh.dan juga hemat biaya.

Lokasi yang sering ditempatkan monitor TOF-SCAN adalah bagian tangan dan alis. Alat tersebut bekerja dengan memberikan impuls listrik dan melihat ada berapa gerakan kedutan yang muncul lalu di interpretasikan dalam angka untuk menilai kedalaman obat pelumpuh otot yang kita berikan. Monitor ini sangat berguna pada saat kita akan melakukan pencabutan selang nafas dan menilai apakah efek obat pelumpuh otot sudah sepenuh nya hilang.

 

Referensi:

Asmoro, A. A., & Vitraluldyono, R. (2019). Farmakologi Obat Pelumpuh Otot. In Anestesiologi dan Terapi Intensif Buku Teks KATI-PERDATIN (p. 193). jakarta: Kompas gramedia.

Saenz, A. D. (2019). Peripheral Nerve Stimulator - Train of Four Monitoring. Retrieved from emedicine.medscape: https://emedicine.medscape.com/article/2009530-overview#:~:text=A%20peripheral%20nerve%20stimulator%2C%20also,given%20to%20block%20musculoskeletal%20activity.