Selasa, 06 Desember 2022 09:37 WIB

Inilah Alasan RS Tidak Mengizinkan Keluarga untuk Menemani Pasien di Ruang ICU

Responsive image
6602
Dr. I Putu Agus Surya Panji, Sp.An, KIC - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Setiap ICU di Rumah Sakit memiliki kebijakan aturan berkunjung untuk memastikan kenyamanan dalam perawatan pasien kritis. Keluarga/wali pasien perlu bertanya kepada staf rumah sakit ICU tentang jam dan persyaratan kunjungan tertentu sebelum mengunjungi pasien. Kunjungan biasanya dibatasi hanya untuk orang-orang yang dianggap sebagai keluarga dekat. Jika keluarga/wali pasien merasa sedang dalam kondisi tidak fit, hendaknya mempertimbangkan kembali untuk mengunjungi pasien di ICU atau mendiskusikan kondisi kesehatannya dengan staf ICU sebelum berencana untuk mengunjungi pasien.

Alasan diberlakukannya aturan berkunjung bagi pasien yang dirawat di ICU meliputi kecemasan perawat akan adanya gangguan dalam perencanaan asuhan keperawatan, pengobatan, perawatan pasien, peningkatan beban kerja tenaga kesehatan, lebih banyak waktu yang dihabiskan dalam memberikan informasi kepada keluarga pasien, dan tingkat stres yang lebih tinggi untuk pasien dan kerabatnya. Selain itu, risiko kejadian infeksi lebih tinggi pada pasien dan anggota keluarga, khususnya pada kelompok yang rentan (terutama anak-anak) dalam situasi perawatan yang kompleks, serta perasaan tidak nyaman yang dirasakan tenaga kesehatan dalam manajemen perawatan pasien kritis dengan kehadiran keluarga secara keseluruhan adalah alasan lain kenapa keluarga tidak bisa menemani pasien di ICU.

Oleh karena keluarga tidak menemani pasien, kebijakan pembatasan kunjungan mengharuskan komunikasi dengan keluarga lebih terencana sejak pandemi COVID-19. Pembatasan ini berdampak pada perubahan kebijakan di masa depan dalam meningkatkan komunikasi dengan keluarga dan mengurangi kelelahan tenaga kesehatan. Komunikasi melalui berbagai metode termasuk konferensi video sedang digunakan di seluruh dunia sebagai metode untuk memungkinkan kehadiran keluarga secara virtual di samping tempat tidur dalam perawatan intensif, selama perawatan akhir hayat dan selama pemulihan pasien di ICU.

 

Referensi:

Vandijck, D, Benoit, DD (2022). Visitors in the ICU: Pros and Cons of Unrestricted Visitation. Diakses dari https://healthmanagement.org/c/icu/issuearticle/visitors-in-the-icu-pros-and-cons-of-unrestricted-visitation

Life Lines Team comprising (2020). Restricted family visiting in intensive care during COVID-19. Intensive & critical care nursing, 60, 102896. https://doi.org/10.1016/j.iccn.2020.102896

Herbst N, Kuntz J (2021). Impact Of Covid-19 Visitation Restrictions On Icu Communication, Provider Attitudes, And Burnout. Critical Care (160) 4.