Rabu, 30 November 2022 09:21 WIB

Omicron pada Lansia – Apakah Vaksin Booster Bermanfaat?

Responsive image
206
Susantina dr. SpPD-KPTI - RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung

Infeksi virus SARS-CoV-2, yaitu COVID-19, dapat terjadi pada semua kelompok usia. Kemampuan virus SARS-CoV-2 untuk melakukan mutasi menyebabkan munculnya varian-varian virus SARS-CoV-2 baru dengan karakteristik berbeda.

Warga senior lebih rentan tertular COVID-19 serta berisiko mengalami manifestasi klinis berat jika tertular infeksi ini. Penyakit ini sulit dideteksi pada hari-hari pertama sakit karena manifestasi klinis yang timbul pada warga senior sedikit berbeda dan tidak khas, sehingga warga senior dan keluarganya perlu memahami dan mengetahui tanda alarm yang menjadi indikasi untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Warga senior dan keluarganya perlu memahami bahwa menjaga jarak memiliki arti yang sangat berbeda dari isolasi sosial. Warga senior dan keluarganya juga perlu memahami usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan, termasuk memantau kondisi komorbiditas serta memastikan medikamentosa untuk komorbiditas tetap dapat rutin dikonsumsi dengan cara melakukan kunjungan berkala ke fasilitas kesehatan dengan aman.

Vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu cara efektif dan aman untuk mencegah tertularnya infeksi ini. Saat ini sudah banyak jenis vaksin COVID-19 yang tersedia di Indonesia. Munculnya varian-varian baru virus SARS-CoV-2 berisiko menurunkan efektivitas vaksin. Hal ini membuat sebagian orang menjadi ragu untuk melakukan vaksinasi. Namun demikian, setiap anggota masyarakat perlu segera mengambil perannya untuk segera divaksin dengan vaksin yang ada jika telah mandapat jadwal dan tidak memiliki kontraindikasi absolut, karena vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia di depan kita.

Penelitian menunjukkan bahwa vaksin COVID-19 yang ada memberikan perlindungan/efek proteksi yang cukup bersama dengan protokol kesehatan yang ketat.

Vaksinasi dewasa belum cukup luas dilakukan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya vaksinasi pada dewasa, termasuk vaksinasi COVID-19. Penyampaian informasi mengenai vaksinasi COVID-19 dan vaksinasi dewasa pada umumnya, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat sehingga timbul kesadaran untuk melakukan vaksinasi. Peningkatan cakupan imunisasi diharapkan dapat menurunkan angka kejadian berbagai penyakit infeksi yang dapat dicegah oleh vaksin dan semakin dengan dengan target eliminasi serta eradikasi penyakit-penyakit infeksi tersebut.

 

Referensi:

Pedoman Tatalaksana Covid-19, Edisi 4, Januari 2022 dari:

1. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI),

2. Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI),

3. Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI),

4. Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) dan

5. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).