Senin, 14 November 2022 14:58 WIB

Sebaiknya Diminum Pagi atau Malam Saja Dok?

Responsive image
789
dr. Lili Widianto - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Salam Sehat! Para pembaca sekalian, pasti diantara kita akan sering sekali bertemu dengan penderita tekanan darah tinggi. Bisa saja mereka adalah anggota keluarga kita, teman kerja kita, atau mungkin kita sendiri ya, sobat.  Nah, di artikel kali ini ada pembahasan menarik mengenai anjuran terbaru di tahun 2022 mengenai kapan sih baiknya kita mengkonsumsi obat hipertensi? Apakah dipagi hari saja? Atau akan lebih baik jika diminum malam hari sebelum beristirahat dari jenuhnya aktivitas harian?

Menurut rilis penelitian terbaru European Society of Cardiology (ESC) di Barcelona 2022 ini, ternyata tidak ada perbedaan bermakna antara meminum obat antihipertensi pada pagi hari, sore hari, ataupun malam hari. Studi The Treatment In Morning versus Evening (TIME) telah meneliti sebanyak 21.104 pasien secara acak yang kemudian dibagi menjadi 10.503 pasien dengan obat dosis malam hari dan 10.601 pasien dengan obat dosis pagi hari. Follow-up dilakukan selama 5.2 tahun hingga 9 tahun kedepan. Hasil akhir dari studi ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan bermakna pada kedua grup tersebut. Kejadian serangan jantung, stroke, dan kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah tidak berbeda secara bermakna. Studi ini hingga saat ini menjadi studi dengan populasi penelitian paling besar dan paling dapat dijadikan acuan dalam pengobatan.

Nah, lantas apa yang harus kita kerjakan atau kita sarankan kepada penderita hipertensi? Yang harus kita sarankan adalah melanjutkan konsumsi obat antihipertensi secara rutin dengan waktu yang teratur setiap harinya. Hal ini guna untuk mempermudah penderita hipertensi mengingat sendiri waktu meminum obat. Selain itu, waktu konsumsi obat disarankan menggunakan waktu yang paling nyaman bagi penderita ya. Jika penderita lebih nyaman memngkonsumsi obat pada pagi hari maka kerjakanlah. Demikian juga sebaliknya. Dengan mengatur dan menyediakan waktu khusus sebagai jam konsumsi obat antihipertensi, akan lebih mudah untuk menjadi patuh dalam pengobatan.

Jadi, jangan bingung lagi ya sobat. Ayok patuh minum obat antihipertensi untuk mencegah komplikasi lanjutan dari hipertensi. Salam sehat!

           

Referensi:

Anthony A. Bavry. Treatment in the Morning or Evening - TIME. European Society of Cardiology Congress (ESC 2022), Barcelona, Spain, August 26, 2022.

Sumber Gambar: Free copyright from canva element