Senin, 14 November 2022 11:47 WIB

EVLT (Endovenous Laser Therapy) sebagai Modalitas Terapi Varises

Responsive image
1803
dr Edwin Adhi Darmawan Batubara - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Terapi laser endovena (EVLT: Endovenous Laser Therapy) adalah metode terapi inovatif yang bersifat minimal invasif untuk varises dan merupakan salah satu layanan unggulan di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. EVLT menggunakan energi laser. Insufisiensi vena kronis atau yang umum dikenal sebagai varises merupakan suatu kondisi yang mempengaruhi sistem pembuluh darah balik (vena) tungkai dimana salah satu gejalanya adalah terjadi pembengkakan dan berlikunya vena di tungkai dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Biasanya prosedur EVLT ini dilakukan untuk menghilangkan varises yang terjadi karena ketidakmampuan di salah satu Vena Safena, baik Vena Safena Magna (yang membentang di sepanjang bagian dalam paha dan betis) atau Vena Safena Parva (yang membentang di sepanjang bagian belakang betis) tidak dapat mendistribusikan darah secara memadai dari tungkai untuk kembali ke jantung. Ketidakmampuan ini menyebabkan darah mengalir ke bawah, yang seiring waktu menyebabkan penumpukan tekanan dan mendorong varises bercabang dari Vena Safena. Energi laser yang digunakan dalam EVLT menutup varises dari aliran darah. Hal ini memaksa darah untuk menemukan pembuluh darah yang lebih sehat, menyebabkan varises, dan gejala yang terkait dengannya, menghilang.

Tindakan EVLT dimulai dengan menempatkan kateter ke dalam pembuluh darah, biasanya di sekitar area lutut, dengan anestesi lokal. Setelah dimasukkan, dengan teknologi ultrasound kateter diarahkan ke area selangkangan, dan energi laser mulai dinyalakan untuk mengobati vena safena yang tidak kompeten. Penerapan panas secara molekuler mengubah dinding vena, menyebabkannya berkontraksi, dan mencegah darah mengalir kembali ke dalamnya. Setelah prosedur selesai, darah akan dialihkan ke pembuluh darah yang lebih sehat, menghilangkan varises yang ada dan gejala yang terkait dengannya. Prosedur ini memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit.

Walaupun EVLT telah menjadi standar emas untuk penanganan varises, tidak semua pasien akan menjalani prosedur tersebut. Dokter akan mengevaluasi kondisi anda sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang aman dan efektif. Dalam beberapa kasus, mungkin diawali dengan perubahan gaya hidup sederhana, seperti manajemen berat badan dan berhenti merokok, sebelum melanjutkan ke EVLT. Di lain waktu, dapat dipilih prosedur minimal invasif lainnya seperti radiofrequency ablation, yang menggunakan sumber panas frekuensi radio. Kebutuhan, gejala, gaya hidup, dan tingkat inkompetensi vena safena menjadi pertimbangan untuk memilih terapi yang paling tepat untuk anda.

Efek samping yang mungkin terjadi dari tindakan EVLT antara lain peradangan dan nyeri tekan di sepanjang tungkai. Untuk mengurangi efek samping tersebut, cairan akan disuntikan di sekitar vena untuk melindungi kulit dari panas serta dilakuakn pemberian obat antiinflamasi. Beberapa komplikasi lebih parah yang mungkin terjadi antara lain kulit terbakar, infeksi, kerusakan saraf, tromboflebitis, emboli paru, dan trombosis vena dalam.

Karena prosedur ini menggunakan teknik minimal invasif, proses pemulihannya pun sangat singkat. Anda mungkin perlu mengenakan perban dan stoking kompresi setelah tindakan. Anda diharapkan tetap aktif untuk menjaga darah mengalir ke tungkai dan mengurangi risiko pembekuan darah.

 

Referensi:

https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/chronic-venous-insufficiency

https://www.northwell.edu/cardiovascular-thoracic-services/vascular-surgery/treatments/endovenous-laser-therapy

 https://indyveins.com/wp-content/uploads/2018/02/Endovenous-Laser-Treatment.jpg

 https://lajollaveincare.com/wp-content/uploads/2020/08/cather-laser-1030x638-1.jpg

Sumber gambar: suara.com