Jumat, 04 November 2022 09:30 WIB

Hal Penting untuk Mencegah Penyakit Jantung

Responsive image
279
dr. Diano Ramadhan Fauzan - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Penyakit jantung dapat disebabkan kerana beberapa faktor, yaitu faktor risiko yang dapat diubah dan faktor risiko yang tidak dapat diubah. Faktor risiko yang tidak dapat diubah salah satunya adalah kelainan bawaan. Faktor risiko berupa kelaiann bawaan ini tidak dapat kita pungkiri, namun dapat kita cegah berupa dapat menjaga pola hidup sehat sehingga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung diantaranya :

a.      Hentikan kebiasaan merokok

Dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung terutama penyakit jantung koroner.

b.      Mengontrol tekanan darah

Menjaga dan mempertahankan tekanan darah agar tetap normal, yaitu TD dibawah dari 120/80 mmHg

c.       Mengontrol kadar kolesterol dan lemak darah

Menjaga dan mempertahankan kolesterol serta lemak darah dalam batas normal merupakan cara untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Kdar kolesterol yang harus dipantau adalah kadar kolesterol LDL dibwah 130 mg/dl pada orang yang tidak memiliki risiko penyakit jantung, dan 100mg/dl untuk seseorang yang memilki risiko penyakit jantung, serta <70 mg/dl untuk orang yang sudah menderita penyakit jantung atau diabetes.

d.      Olahraga teratur

Menjaga pola hidup yang sehat dengan melakukan olahraga rutin selam 30-60 menit setiap hari akan membantu untuk mengontrol kadar kolesterol, lemak darah, dan gula darah. Namun, bagi penderita penyakit jantung terutama aritmia hal ini penting untuk dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jantung anda mengenai pola latihan atau olahraga yang benar.

 

Referensi:
Ross, R., et al. (2020). Waist Circumference as a Vital Sign in Clinical Practice: A Consensus Statement from the IAS and ICCR Working Group on Visceral Obesity. Nature Reviews. Endocrinology, 16(3), pp. 177–189.

Mayo Clinic (2021). Diseases & Conditions. Heart Disease.
Donovan, R. Healthline (2020). Everything You Need to Know About Heart Disease.
Kinman, T. Healthline (2018). Heart Disease Prevention.

Sumber gambar: freepik.com