Jumat, 28 Oktober 2022 14:16 WIB

Waspada Rotavirus pada Anak

Responsive image
1066
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Rotavirus merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pencernaan serta dapat menyebabkan penyakit Gastroenteritis. Rotavirus menular melalui kontak fisik terhadap tinja yang mengandung Rotavirus atau melalui makanan, minuman, peralatan, mainan, dan benda- benda yang telah terkontaminasi dengan virus tersebut. Rotavirus adalah jenis infeksi yang biasanya terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, tetapi orang dewasa juga bisa mengalami infeksi ini. Virus ini sering menyerang bayi dan anak-anak serta menyebabkan diare pada anak. Bila tidak diobati dengan tepat, diare akibat infeksi Rotavirus dapat menyebabkan dehidrasi berat yang berbahaya. Untuk mencegah anak terkena diare akibat infeksi Rotavirus, sebaiknya orang tua selalu menjaga kebersihan makanan minuman yang dikonsumsi anak serta membiasakan mencuci tangan.

Gejala apabila anak mengalami infeksi Rotavirus :

1.      Diare

2.      Muntah

3.      Tinja bercampur dengan darah

4.      Kelelahan

5.      Demam

6.      Menjadi mudah marah

7.      Dehidrasi

8.      Sakit perut

Anak-anak lebih rentan terhadap kehilangan elektrolit melalui muntah dan diare karena mereka memiliki berat tubuh yang lebih kecil. Sebaiknya orangtua memantau anak agar tidak mengalami gejala dehidrasi seperti :

1.      Mulut kering

2.      Kulit dingin

3.      Kurang air mata saat menangis

4.      Kurang volume air seni

5.      Mata terlihat cekung

Diare yang parah dapat menyebabkan dehidrasi terutama pada anak kecil. Jika tidak segera ditangani, dehidrasi dapat menjadi kondisi yang dapat mengancam jiwa.

Tips mencegah agar anak tidak mengalami dehidrasi :

Dalam pencegahan terhadap dehidrasi, berikut ini tips yang dapat diterapkan seperti :

1.      Minum banyak cairan

2.      Makan sup kaldu

3.      Minum cairan elektrolit

4.      Makan-makanan hambar, seperti roti panggang putih dan biskuit

5.      Menghindari konsumsi makanan tinggi gula dan tinggi lemak karena dapat memperburuk diare

Pencegahan Rotavirus

Rotavirus dapat menular dengan mudah, sehingga sebaiknya lakukan hal berikut untuk mencegah infeksi virus masuk ke dalam tubuh :

1.      Menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

2.      Melakukan vaksin rotavirus, sebab vaksin ini dapat mencegah hingga kira-kira 75 persen infeksi rotavirus.

 

Referensi :

Listiyaningsih Erlin. 2012. Peran Faktor Genetik Rotavirus Terhadap Keparahan Diare Infeksi Akut pada Bayi dan Anak Balita di Indonesia. Program Studi Ilmu Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Melani Siregar. 2017. Infeksi Rotavirus Penyebab Diare Akut pada Balita di RSIA Stella Maris Medan. Fakultas Biologi Universitas Medan Area Medan.