Jumat, 28 Oktober 2022 14:06 WIB

Kiat Mencegah Penyakit Tidak Menular

Responsive image
1794
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang tidak ditularkan dari orang ke orang, perkembangannya berjalan perlahan dalam jangka waktu yang panjang dan bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus maupun bakteri tetapi lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup serta lingkungan yang tidak sehat. Beberapa contoh penyebab yang dapat mengakibatkan penyakit tidak menular antara lain merokok, diet atau pola makan yang tidak sehat, kurang melakukan aktivitas fisik dan olahraga, mengonsumsi minuman beralkohol serta riwayat kesehatan keluarga.

Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM)

1.      Merokok

2.      Kurang melakukan aktivitas fisik

3.      Kurang mengonsumsi sayur dan buah

4.      Mengonsumsi minuman beralkohol

5.      Pola makan tidak sehat yakni kebiasaan makanan cepat saji, mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung garam dan gula berlebihan.

Jenis Penyakit Tidak Menular (PTM)

Ada beberapa jenis Penyakit Tidak Menular (PTM), yaitu :

1.      Obesitas yaitu kelebihan berat badan dari berat badan ideal.

2.      Diabetes adalah penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif.

3.      Stroke merupakan kondisi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak.

4.      Penyakit jantung yakni jantung koroner terjadinya penyumbatan aliran darah pada arteri koroner.

5.      Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah yang dapat menimbulkan kerusakan pada organ lain seperti ginjal (gagal ginjal), jantung (penyakit jantung koroner), dan otak (menyebabkan stroke).

6.      Kanker payudara adalah adanya tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara.

7.      Asma merupakan kelainan berupa peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan penyempitan saluran napas.

8.      PPOK / Penyakit Paru Obstruktif Kronik yakni terdapat hambatan aliran udara di saluran napas yang tidak sepenuhnya dapat kembali normal.

Pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM) :

1.      Perilaku hidup sehat yaitu tidak merokok, konsumsi sayur dan buah lebih dari 5 porsi per hari, membatasi konsumsi garam, gula dan lemak, melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali per minggu, tidak mengonsumsi alkohol, dan mengendalikan stres.

2.      Lingkungan yang sehat adalah bebas polusi udara, tersedianya fasilitas umum untuk aktifitas fisik seperti tempat bermain dan olahraga.

3.      Menjaga kondisi tubuh antara lain berat badan, gula darah normal, kolesterol, dan tekanan darah normal.

4.      Melakukan pengecekan kesehatan secara teratur.

Untuk meminimalisir dan mengendalikan penyakit tidak menular, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan perilaku CERDIK, dengan perilaku CERDIK masyarakat dapat memulai pola hidup dari mengatur pola makan dan pola istirahat, hal tersebut menjadi kunci penting dalam hidup sehat. Berikut ini uraian dari CERDIK :

1.      C : Cek kesehatan secara berkala

Pada umumnya penyakit tidak menular ini dapat dicek sedini mungkin. Jika sudah diketahui penyakitnya, dapat dilakukan pencegahan dan pengobatan lebih lanjut.

2.      E : Enyahkan asap rokok

Merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda. Dampak rokok juga bukan hanya pada sektor kesehatan, tapi juga keuangan. Tidak ada salahnya jika mulai sekarang untuk berhenti merokok demi kehidupan yang lebih baik.

3.      R : Rajin aktifitas fisik

Tujuan dari melakukan aktivitas fisik yakni membakar kalori. Kalori yang didapatkan dari makanan harus sama dengan yang dikeluarkan, jika tidak dapat menumpuk dan mengakibatkan metabolisme yang bersifat negatif. Sebaiknya setiap hari melakukan aktivitas fisik kurang lebih 30 menit baik jogging ataupun olahraga lainnya.

4.      D : Diet sehat dengan kalori seimbang

Diet bukan berarti tidak makan makanan yang mengandung lemak, gula, dan sebagainya. Sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah dengan porsi yang cukup setiap hari.

5.      I : Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan cara untuk mencegah mengidap penyakit tidak menular. Minimal dengan melakukan pola hidup sehat, masyarakat bisa melakukan pencegahan dini terhadap penyakit tidak menular.

6.      K : Kelola stress

Kelola stres mempunyai peran penting. Setiap orang hidup pasti memiliki masalah sendiri-sendiri, untuk terhindar dari penyakit stres, seseorang bisa melakukan curhat. Sebab stres pada tingkat tertentu dapat menyerang fisik.

 

Referensi :

Widagdo Wahyu, Ita Yulita. 2018. Kenali Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Pengendaliannya. Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I.

Warganegara Efrida. 2016. Faktor Risiko Perilaku Penyakit Tidak Menular. Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority Volume 5 Nomor 2.