Kamis, 13 Oktober 2022 12:47 WIB

Semua Mau Awet Muda

Responsive image
1133
Septa Clara Astiyah, SST, MARS, RD - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Proses penuaan akan terjadi secara alami setelah kita berusia di atas 30 tahun dan akan semakin cepat setelahnya. Jika kita telah mengalami tanda-tanda penuaan padahal kita belum berusia 30 tahunan, seperti : keriput pada wajah, uban di rambut, penurunan fungsi penglihatan, pendengaran, seksualitas, memori, dan jantung maka artinya kita telah mengalami penuaan  dini. Hal ini menjadi salah satu hal yang menakutkan, terutama bagi para wanita yang selalu ingin tampil sehat dan menarik. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini, yaitu :

1. Dukungan Nutrisi dan Cukup Tidur

Banyak mengkonsumsi makanan sumber antioksidan lutein dan zeaxanthin akan memberikan perlindungan tambahan pada kulit dan DNA yang dapat diperoleh dari buah jeruk, alpukat dan sayuran hijau yang membentuk kolagen baru di kulit sehingga kulit tampak lebih awet muda dan terlihat lebih segar. Likopen pada tomat akan memberikan perlindungan kuat terhadap sinar ultraviolet dan bahan makanan sumber karotenoid tinggi (beta karoten) dari wortel, labu dan ubi jalar dapat melindungi kulit dari radiasi matahari dan radikal bebas. Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C juga penting untuk produksi kolagen dan memiliki efek antioksidan kuat. Alpukat dengan senyawa alkohol lemak polihidroksilasi berguna untuk melawan peradangan, melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu memperbaiki DNA yang rusak. 

Konsumsi air putih menjadi penting, karena air putih berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit kering dan kusam sehingga kita tampak lebih awet muda. Upayakan tidur cukup karena jika kita kurang tidur akan membuat lingkaran hitam di bawah mata yang akan membuat penampilan menjadi buruk.

Minum teh setiap pagi menjadi bagian dari rahasia awet muda karena di dalam teh terdapat enzim yang dapat membantu mengurangi kerutan dan melindungi kulit dari kerusakan kolagen dan elastin.

Konsumsi ikan yang berlemak dan berminyak seperti salmon, dori dan patin akan meningkatkan tonus otot dan melembabkan kulit karena mengandung DMAE (dimethylaminoethanol), senyawa yang membuat kita awet muda.

2. Perawatan Wajah

Penggunaan krim malam sebelum tidur dapat membantu kulit tampak lebih muda dan pemakaian pelembab kulit juga menjaga kelenturan dan kekenyalan kulit serta mencegah kulit kusam, bersisik, keriput dan masalah kulit kering. Kita harus rajin membersihkan wajah karena bahan kimia yang terkandung di dalam make up mampu memunculkan keriput dan masalah pada kulit. Efek dari penggunaan masker wajah dari bahan alami, seperti : kunyit, susu atau lidah buaya membuat kulit lebih segar dan tampak awet muda. Saat mengaplikasikan masker, krim dan pelembab maka usahakan untuk memijat wajah ke arah atas supaya menaikan kulit yang mengendur.

3. Menghindari Kebiasaan Tidak Sehat dan Mengurangi Stres

Kebiasaan minum kopi, alkohol atau merokok sebaiknya dihentikan karena bisa mempercepat penuaan dini dan menimbulkan berbagai penyakit.

Stres dapat memicu tubuh kita memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan kerusakan sel tubuh dan meningkatkan resiko munculnya tanda-tanda penuaan dini juga membuat gangguan tidur dan pola makan sehingga berakibat pada penuaan. Kegiatan yang dapat mengurangi stres, antara lain : terapi relaksasi, melakukan aktifitas yang disukai atau mendengarkan musik favorit. Berlibur atau tinggal di tengah lingkungan hijau juga bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan pikiran dan menjaga diri kita tetap awet muda.  Lingkungan hijau/pepohonan bisa meningkatkan kesejahteraan fisik, menjaga kesehatan jantung dan bermanfaat terhadap kesehatan mental. Aktif secara seksual bersama pasangan juga dapat membantu kita merasa 15 tahun lebih muda karena hormon estrogen akan meningkat dan menjaga fungsi kulit, pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar minyak dan melanosit atau sel penghasil pigmen.

4. Olahraga Rutin dan Menghindari Paparan Sinar Ultraviolet

Tubuh bugar dan awet muda bisa diperoleh dari berolahraga secara rutin karena akan meningkatkan sirkulasi darah dan imunitas tubuh. Olahraga dapat dipilih karena disukai, seperti : jalan kaki, berenang, bersepeda atau senam. Meditasi seperti olahraga yoga juga bisa mengurangi stres, meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi resiko penyakit jantung dan hipertensi yang membantu kita tampak awet muda.

Beraktifitas di luar ruangan juga berkontribusi terhadap kualitas hidup yang lebih baik dan membantu melawan penuaan. Saat berolahraga maupun beraktifitas di luar ruangan, kita harus menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak kolagen dan serat elastin sehingga kulit menjadi keriput, munculnya flek hitam di wajah dan membuat kita kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya.

Demikian beberapa hal yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi pilihan kita untuk menghindari maupun mengatasi penuaan dini.

 

Referensi :

https://www.ponds.com/id/inspirasi-kulit/aging/cara-untuk-terlihat-10-tahun-lebih-muda.html

https://www.alodokter.com/tips-awet-muda-versi-hemat-ada-di-sini

https://kiaton.kontan.co.id/news/mau-wajah-awet-muda-coba-lakukan-17-kebiasaan-ini?page=all

Sumber gambar: Hapsari, NE, 2020, https://www.republika.co.id/berita/qagg3q478/tip-mudah-tetap-sehat-dan-awet-muda, republika.co.id 18-5-2020

( DOC, PROMKES, RSMH)