Senin, 03 Oktober 2022 09:22 WIB

Menghilangkan Bulu dan Rambut dengan Intense-Pulsed Light (IPL)

Responsive image
8093
Dr. dr. IGN Darmaputra, Sp.KK (K) FINSDV, FAADV - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Praktik menghilangkan bulu dan rambut sudah melewati evolusi, dari penggunaannya untuk tradisi sosial, budaya, dan keagamaan, menjadi suatu praktik untuk keperluan estetika. Tumbuhnya rambut di daerah sensitif secara kosmetik seperti wajah dan ketiak dapat memberikan dampak psikologis yang besar bagi beberapa orang. Tumbuhnya rambut atau bulu halus ini dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Sejak dahulu, sudah terdapat banyak pilihan untuk menghilangkan bulu dan rambut pada badan. Praktik waxing, threading, pencabutan langsung menggunakan pinset, dan penggunaan krim masih sering ditemukan pada masyarakat. Metode-metode ini sering dipilih karena relatif murah, nyaman, dan aksesibel. Akan tetapi, metode-metode penghilangan bulu dan rambut diatas hanya bersifat sementara, dan memerlukan tindakan repetitif agar kondisi “mulus” dapat dipertahankan.

Tahukah Anda bahwa terdapat suatu prosedur medis yang dapat menghilangkan bulu dan rambut secara permanen? Bulu dan rambut dapat dihilangkan secara permanen dengan menggunakan sinar, secara khusus intense-pulsed light (IPL). IPL bekerja dengan cara menghancurkan folikel rambut pada kulit, sehingga rambut tidak akan tumbuh lagi. Gelombang sinar yang akan dipancarkan bervariasi sesuai dengan kondisi, lokasi, dan area kulit yang akan ditangani.

Prosedur IPL relatif aman dengan efek samping yang minimal dan sangat jarang ditemukan. Efek samping yang dapat muncul dibagi menjadi efek samping akut, kronis, dan permanen. Efek samping akut merupakan efek samping yang sering ditemukan namun akan menghilang dengan sendirinya. Contoh efek samping akut yang dapat timbul ialah nyeri, rasa tidak nyaman, dan pembengkakan. Selain itu, hiperpigmentasi, hipopigmentasi, dan pembentukan jaringan parut merupakan contoh efek samping kronis yang dapat menjadi permanen. Untuk menentukan pilihan terapi, durasi terapi, dan untuk meminimalisir efek samping, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya sebelum memulai prosedur IPL. 

 

Referensi:

Kang CN, Shah M, Lynde C, Fleming P. Hair Removal Practices: A Literature Review. Skin therapy letter. 2021 Sep 1;26(5):6-11.

Thomas MM, Houreld NN. The “in’s and outs” of laser hair removal: a mini review. Journal of Cosmetic and Laser Therapy. 2019 Aug 18;21(6):316-22