Rabu, 14 September 2022 10:31 WIB

Senam Taichi: Seni yang Menenangkan dan Menyehatkan

Responsive image
2171
dr. Nicky Alexandra - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) diantara semua faktor yang dapat menyebabkan kematian diseluruh dunia terdapat 3 faktor yang paling berpengaruh yaitu hipertensi/tekanan darah tinggi, merokok dan hyperkolesterol. Untuk para lansia terdapat faktor – faktor yang membuat insidensi penyakit kardiovaskular semakin meningkat yaitu meningkatnya kekentalan/viskositas darah, berkurangnya elastisitas pembuluh darah  dan meningkatnya derajat atherosclerosis/oembentukan plak di pembuluh darah.

Dengan seiring perkembangan waktu dan teknologi kita semakin mengerti pentingnya olahraga bagi Kesehatan.  Tai Chi merupakan salah satu olahraga psikofisiologis, dimana olahraga ini melatih fisik dan mental dalam intensitas ringan – medium. Dalam Studi ini dilakukan follow up jangka panjang untuk menilai efek senam tai chi pada Kesehatan kardiovaskular. Efek pada kardiovaskular dilakukan dengan beberapa parameter yaitu :  Tekanan darah, Berat badan , Fungsi Kardiopulmonal dan Insidensi dari komplikasi dan mortalitas (angka kematian)

Pada Studi ini menunjukan kelompok yang melakukan Latihan Tai chi dalam jangka panjang (Sampai dengan 6 tahun) memiliki angka Tekanan darah yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok control. Pada kelompok Tai-chi juga menunjukan penurunan BMI yang nilainya signifikan dibandingkan dengan kelompok control.  Dalam follow up yang dilakukan pada studi ini selama 6 tahun resiko penyakit terkait darah-otak pada kelompok Tai chi berkisar antara 16.67 % sedangkan pada kelompok control adalah sekitar 38.33 % yang dimana hal ini menunjukan latian taichi dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan insidensi komplikasi dari penyakit kardiovaskular.

Latian tai chi sendiri memerlukan adanya latihan pernafasan yang dalam, panjang, selaras dan perlahan dari awal hingga akhir Latihan untuk mempertahankan metabolisme aerobik dan memperbaiki fungsi paru.  Latihan ini juga melibatkan asas psikologis dimana pelaku Latihan ini  memerlukan ketenangan dan rasa “damai” dalam melakukan Gerakan selaras dan lembut yang dimana faktor ini dapat mengurangi stress autonomik sistem saraf pusat  yang akan mengurangi pengeluaran norepinephrine dan memicu jantung mensekresikan statin yang dimana akan memiliki efek sebagai berikut : menstabilkan saraf kardiovaskular motoric, memperbaiki elastisitas dari otot polos kardiovaskular, mengurangi total resistensi dari peripheral serta meningkatkan reaktivitas dari kemampuan diastolic kardiovaskular. Dengan menurunnya tekanan darah pada kelompok Tai chi juga memberikan manfaat seperti memperbaiki fungsi endhotelial, mengurangi pembentukan plak di pembuluh darah serta memperbaiki fungsi index kardiak. Maka dari itu olahrga ini bila dilaksanakan dengan baik dan teratur dapat menjadi alternatif olahraga khusunya bagi populasi dengan usia > 50 tahun terutama dengan obesitas.Use the "Insert Citation" button to add citations to this document.

 

Referensi:

Sun, L., Zhuang, L.-P., Li, X.-Z., Zheng, J., & Wu, W.-F. (2019). Tai Chi can prevent cardiovascular disease and improve cardiopulmonary function of adults with obesity aged 50 years and older. Medicine, 98(42). https://doi.org/10.1097/md.0000000000017509

Sumber gambar: freepik.com