Rabu, 14 September 2022 08:23 WIB

Pentingnya Bersikap Asertif dalam Hubungan Sosial

Responsive image
666
Sahniz Fiera Fadhillah, S.Tr.Sos - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Dalam menjalin hubungan sosial dengan orang lain, tentunya kita bertemu dengan banyak orang, entah itu dalam lingkup keluarga, teman bermain, rekan kerja ataupun orang yang hanya dikenal sesaat. Masing-masing individu yang kita temui memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda satu sama lain. Beberapa orang mungkin disenangi karena sifat sabar, penyayang, ceria, ataupun senang membantu orang lain dalam kondisi apapun. Tentunya punya teman seperti ini perlu disyukuri karena ia tidak segan membantu orang lain tanpa pamrih dan terkadang mementingkan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri. Namun, menjadi terlalu baik seperti ini terkadang juga dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri, terutama ketika orang yang ingin kita bantu dengan tulus ini ternyata hanya berniat memanfaatkan kebaikan kita. Untuk itulah, kita perlu bersikap asertif untuk mencegah terjadinya hal seperti ini.

            Sikap asertif diartikan sebagai kemampuan diri dalam mengungkapkan apa yang dirasakan dan diinginkan dengan jujur dan tegas, namun dengan tetap menghargai dan menghormati orang lain. Sikap asertif ini biasanya sangat erat kaitannya dengan bersikap tegas kepada orang lain apabila ada kondisi tertentu dimana bantuan kita dibutuhkan namun dalam waktu yang sama bersinggungan dengan pemenuhan hak diri sendiri, contohnya seperti menolak dengan halus dan sopan permintaan dari rekan kerja yang memerlukan bantuan kita dalam pekerjaannya, namun pada saat yang sama, kita juga sedang dihadapkan pada banyaknya pekerjaan yang menunggu untuk diselesaikan.

Manfaat Bersikap Asertif     

Dilansir dari Alodokter, sikap asertif sangat berguna dalam banyak aspek kehidupan, mulai dari mempertahankan hak, menyelesakan konflik antar rekan kerja, sahabat, atau pasangan, hingga mengembangkan kesan yang baik terhadap diri sendiri. Bersikap asertif bukan berarti menolak sama sekali jika orang lain membutuhkan bantuan kita, tetapi lebih kepada bersikap tegas jika bantuan tersebut tidak dapat kita penuhi dan tidak serta merta mengiyakan apapun permintaan dari orang lain padahal belum tentu mampu kita penuhi. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari bersikap asertif diantaranya :

·         Mampu mempertahankan hak diri sendiri

·         Memiliki batasan untuk terlibat dalam urusan orang lain dengan tidak mengabaikan kebutuhan diri sendiri

·         Memahami dengan baik apa yang kita sukai dan yang tidak kita sukai

·         Meningkatkan rasa percaya diri dan mencintai diri sendiri

·         Membantu mengatasi stres

·         Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan

·         Tidak akan dimanfaatkan dan diperlakukan semena-mena oleh orang lain

·         Dihormati dan dihargai oleh orang lain

Tips untuk Bersikap Asertif dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dilansir dari Alodokter, beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melatih bersikap asertif diantaranya adalah :

·         Jadilah pendengar yang baik

·         Berani menyampaikan perbedaan pendapat

·         Selalu hargai orang lain

·         Hindari merasa bersalah

·         Tetap tenang saat berbicara

·         Hindari penggunaan kalimat agresif

·         Posisikan lawan bicara sebagai teman

·         Berlatih dengan hal-hal kecil

·         Belajar dari banyak orang

·         Selalu bersabar

Itulah tips-tips yang bisa Anda terapkan agar dapat membentuk sikap asertif. Sikap ini dirasa amat penting untuk membentuk diri menjadi pribadi yang tegas serta mampu mempertahankan diri sendiri dengan baik. Namun, bila Anda merasa sulit atau bahkan merasa cemas untuk menerapkan sikap asertif ini dalam kehidupan sehari-hari dan memerlukan pertolongan profesional untuk dapat membantu Anda, jangan segan untuk berkonsultasi dengan Psikolog. Psikolog dapat membantu Anda dalam menemukan cara-cara yang tepat untuk mengatasi kekhawatiran yang Anda rasakan berkaitan dengan hal ini.

Referensi :

Nareza, dr. Meva. (2020). Pentingnya Bersikap Asertif dan Cara Melatihnya. melalui https://www.alodokter.com/pentingnya-bersikap-asertif-dan-cara-melatihnya. Diakses pada tanggal 15 April 2022.