Rabu, 07 September 2022 13:16 WIB

Berlatih untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal

Responsive image
9225
Ari Sugianti, M.Kes - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Komunikasi interpersonal adalah salah satu kemampuan komunikasi yang harus dimiliki oleh semua orang. Tentunya tidak semua orang harus memiliki keahlian komunikasi interpersonal layaknya yang dimiliki oleh ahli komunikasi, akan tetapi setidaknya kita perlu memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang cukup untuk beraktivitas. Komunikasi interpersonal dapat dikatakan sebagai pertukaran gagasan, pemikiran, ataupun informasi antar dua individu atau lebih

Dengan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik, maka aktivitas kerja dan berbagai aktivitas lainnya akan bisa kita lakukan dengan relatif lebih mudah, khususnya apabila hal tersebut berhubungan dengan aktivitas komunikasi dengan pelanggan atau konsumen.

Lalu apa yang harus kita lakukan apabila kita merasa bahwa komunikasi interpersonal yang kita miliki belum begitu bagus? Jangan khawatir, seperti keahlian yang lainnya, kemampuan melakukan komunikasi interpersonal adalah keahlian yang bisa kita dapatkan dengan melakukan berbagai latihan. Dengan kata lain, kamu bisa melakukan cara meningkatkan komunikasi interpersonal yang akan kita bahas di bawah ini untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal yang kamu miliki.

Bagaimana? Sudah siapkah kamu untuk berlatih? Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan komunikasi interpersonal yang bisa kamu lakukan mulai saat ini juga

1. Tunjukkan senyuman

Siapa sangka bahwa langkah kecil juga dapat mendatangkan sesuatu yang besar? Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal adalah dengan tersenyum. Jika kamu saja dapat memberikan seyuman pada orang yang kamu temui pertama kali atau bahkan pada orang yang tidak kamu kenal, tentu tidak akan sulit untuk memberikan senyuman pada rekan-rekan kerjamu.

2. Jadilah partner yang pengertian dan perhatian

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal di tempat kerja adalah dengan menjadi pengertian dan menunjukkan perhatian pada rekan kerjamu. Tidak perlu sungkan untuk memberi pujian ketika rekan kerjamu melakukan sesuatu yang memang patut diberi apresiasi. Jangan pernah lupa juga untuk selalu berterimakasih untuk hal yang mereka lakukan untukmu seberapa kecilpun itu. Menghargai lawan bicaramu juga sangat penting untuk meningkatkan komunikasi interpersonal.

3. Bangun kebersamaan

Bagaimana cara membangun kebersamaan demi meningkatkan komunikasi interpersonal? Mulailah dengan memperlakukan semua rekan kerjamu dengan perlakuan yang sama. Jangan biarkan satu rekan kerjamu merasa tidak lebih didengar daripada rekan kerjamu yang lain. Hargai pendapat semua orang dengan porsi yang sama karena setiap orang memiliki hak untuk dipertimbangkan pendapatnya.

4. Menjadi penengah dan penyelesaian perselisihan

Perselisihan memang dapat terjadi dimana saja, begitu juga di tempat kerja. Pastikan kamu mengetahui terlebih dulu masalah apa yang terjadi dan kamu harus dapat bersikap netral. Jika masalah tersebut dapat selesai dengan baik, tentu saja lingkungan kerjamu juga akan kembali baik. Di samping itu, kamu juga akan mendapati bukan saja kemampuan komunikasi interpersonal yang meningkat, tetapi begitu juga dengan kemampuan kepemimpinanmu.

5. Mendengarkan sebanyak kamu berbicara

Komunikasi memang hal yang tidak kamu kerjakan seorang diri, jadi tentu saja mendengarkan lawan bicaramu sangatlah penting untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Saat mendengarkan, kamu juga harus menjadi pendengar yang aktif, mungkin sebagian orang bercerita hanya untuk didengar, bukan untuk mendapatkan sebuah saran, tapi bukan berarti kamu hanya diam dan mendengarkan. Anggukan kepala dan tanggapan-tanggapan singkat dapat menunjukkan bahwa kamu menyimak. Kamu juga boleh sesekali memberikan kesimpulan kecil dari yang telah ia ceritakan untuk menunjukkan bahwa kamu memang mengerti apa yang mereka ceritakan.

6. Tempatkan dirimu di posisi mereka

Komunikasi interpersonal yang efektif hanya akan terwujud jika kamu tahu bagaimana menempatkan diri di posisi orang lain. Empati adalah hal yang sangat penting ketika kamu bekerja dengan orang lain. Jika sebelumnya kamu sudah dapat menjadi pendengar yang baik dan selalu menanyakan pendapat orang lain. Sekarang saatnya untuk lebih mengerti lagi apa yang dirasakan orang lain dan juga melihat dari sudut pandang orang tersebut. Jadilah individu yang lebih peka dan berempatilah pada orang lain.

7. Jangan banyak mengeluh

Jika ingin komunikasi interpersonal yang baik, kamu harus memastikan kamu bukan merupakan pengeluh. Seorang yang mengeluh setiap saat akan membuat orang disekitarnya tidak nyaman dan biasanya menjadi orang yang dihindari di tempat kerja. Mengeluh akan memicu munculnya energi negatif di sekitarmu yang tidak hanya buruk untuk dirimu tapi juga untuk orang-orang disekitarmu. Kendalikan dirimu dan jadilah  orang yang selalu berpikiran positif.

8. Tidak boleh berekspektasi pada siapapun

Komunikasi interpersonal bukan hanya tentang kamu tapi juga orang-orang yang ada disekitarmu. Setiap orang memiliki sikap dan pemikiran yang berbeda-beda. Masih ada kemungkinan kamu menemui orang yang tetap tidak dapat menyesuaikan diri dan memiliki komunikasi interpersonal yang buruk. Jika kamu tidak berekspektasi, maka kamu dapat terus meningkatkan dan menjaga komunikasi interpersonal dengan tanpa beban. Lakukanlah peranmu sendiri dan selalu lakukan sebaik kamu bisa.

9. Melatih untuk bersimpati

Simpati adalah suatu kemampuan yang pada umumnya dimiliki oleh semua orang, walaupun dengan kadar yang berbeda-beda. Pada dasarnya, simpati adalah sebuah kemampuan untuk memahami apa yang telah dilalui oleh orang lain sehingga kita mengerti alasan mengapa ia berperilaku atau memiliki kepribadian tertentu. Dengan simpati yang baik kita bisa memahami lawan bicara kita dengan lebih dalam. 

10. Berlatih intonasi

Dalam komunikasi interpersonal, terutama komunikasi yang dilakukan dengan suara, intonasi memegang peran penting dalam pemaknaan yang dimiliki oleh komunikan. Intonasi adalah ‘bahasa tubuhnya’ komunikasi lisan, oleh karena itu kamu harus bisa berkomunikasi dengan intonasi yang sesuai agar pesan-pesan yang kamu sampaikan bisa tertangkap dengan sebagaimana mestinya.

11. Berlatih pemilihan diksi

Selain intonasi, diksi juga memiliki peranan yang penting dalam komunikasi. Ada komunikasi yang lebih bersifat persuasif dan berhasil mengajak orang lain untuk melakukan tindakan tertentu karena pemilihan diksi yang tepat, dan ada pula komunikasi jenis lain yang berhasil mencapai tujuannya karena pemilihan diksi yang tepat. Oleh karena itulah, perhatikan bahasa yang kamu gunakan ya, karena bahasa adalah salah satu komponen komponen komunikasi interpersonal yang paling penting khususnya dalam komunikasi langsung.

12. Berlatih memahami kultur komunikan

Kultur komunikan akan mempengaruhi persepsi mereka terhadap gaya bahasa yang kamu pilih, intonasi yang kamu gunakan dan lain sebagainya. Sehingga hal ini pun penting untuk diperhatikan. Cara meningkatkan komunikasi yang satu ini bisa kamu terapkan baik pada komunikasi lisan ataupun tidak, karena hal ini tetap mempengaruhi proses komunikasi interpersonal.

13. Berlatih berbasa-basi

Walaupun terkesan bahwa basa-basi itu tidak penting, akan tetapi dalam beberapa kasus, basa-basi memiliki peranan yang cukup penting terutama untuk menjalin keakraban yang lebih kuat dengan orang lain atau orang yang baru kamu kenal, sehingga kemampuan komunikasi interpersonal yang kamu miliki pun menjadi lebih baik.

14. Mencoba berkenalan dengan orang baru

Berkenalan dengan orang baru akan melatihmu dalam mencari topik pembicaraan yang tepat, gaya bahasa yang tepat dan juga momen yang tepat untuk melakukan komunikasi. Dengan melakukan latihan ini, kamu pasti akan merasa lebih pede ketika berkomunikasi dengan orang lain.

15. Mempelajari berbagai teknik komunikasi interpersonal

Selain melakukan berbagai macam cara di atas, cara meningkatkan komunikasi interpersonal lainnya adalah dengan cara mempelajari berbagai teknik komunikasi interpersonal yang banyak disediakan di berbagai tempat, baik melalui buku, situs website, dan berbagai macam sumber daya lainnya yang bisa kamu gunakan untuk belajar komunikasi.

16. Melakukan komunikasi interpersonal dengan rutin

Agar bisa meningkatkan kemampuan dalam komunikasi interpersonal, tentunya kita harus selalu melakukan berbagai komunikasi interpersonal dengan berbagai macam orang, sehingga keahlian komunikasi interpersonal yang kita miliki akan senantiasa terasah dan bisa berkembang menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. kalau kamu ingin berlatih komunikasi kelompok pun juga harus dilakukan dengan cara yang sama ya, yaitu rutin berlatih komunikasi kelompok.

Referensi :

https://pakarkomunikasi.com/cara-meningkatkan-komunikasi-interpersonal

https://glints.com/id/lowongan/meningkatkan-komunikasi-interpersonal-yang-profesional/#.YrPbMVxBzIU

Sumber foto :https://www.fabelia.com/komunikasi-interpersonal

( DOC, PROMKES, RSMH )