Rabu, 31 Agustus 2022 15:00 WIB

Mengenal Ekokardiografi Transesofageal

Responsive image
2204
dr. Andre Nugraha Nurman dan Teddy Arnold Sihite, - RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung

Ekokardiografi transesofageal merupakan suatu prosedur pemeriksaan yang menghasilkan gambar jantung menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar otot dan bilik jantung, katup dan lapisan luar jantung (perikardium), serta pembuluh darah yang terhubung ke jantung. Pemeriksaan dilakukan dengan memasukkan suatu alat/transduser serupa endoskopi (seperti "teropong kamera") melewati mulut sampai ke kerongkongan untuk mengetahui struktur anatomi dan fungsi jantung secara lebih jelas. Letak kerongkongan sangat dekat dengan bilik atas jantung, sehingga dapat diperoleh gambar yang sangat jelas dari struktur dan katup jantung tersebut.

Bagaimana Cara Kerja TEE?

TEE menggunakan gelombang suara ber-frekuensi tinggi (ultrasound) untuk membuat gambar rinci jantung dan pembuluh darah arteri yang menuju dan keluar dari jantung. Dokter sering menggunakan TEE ketika mereka membutuhkan lebih banyak detail gambar dibandingkan yang dapat diperoleh oleh pemeriksaan ekokardiogram standar. TEE dilakukan pada penderita yang diduga ada kebocoran sekat atau penyakit penyekat jantung bawaan lainnya, kelainan katup jantung dan bila diduga ada gumpalan darah dalam ruang jantung. Hampir semua penyakit katup dengan segala penyebab dapat diperoleh gambaran yang lebih jelas menggunakan TEE.

Kelebihan berat badan atau memiliki penyakit paru-paru tertentu dapat mengganggu gambar jantung ketika transduser ditempatkan di dinding dada. Kondisi jantung tertentu lebih baik dilihat dengan TEE, seperti kelainan katup mitral, gumpalan darah atau massa di dalam jantung, robekan lapisan pembuluh darah aorta, dan struktur serta fungsi katup jantung buatan.

Ketika transduser ditempatkan pada lokasi dan sudut tertentu, gelombang suara ultrasonik bergerak melalui kulit dan jaringan tubuh lainnya ke jaringan jantung, di mana gelombang memantul atau "bergema" dari struktur jantung. Transduser mengambil gelombang yang dipantulkan dan mengirimkannya ke komputer. Komputer menampilkan gema sebagai gambar dinding dan katup jantung.

Penyakit Apa Saja yang Dapat Dievaluasi Dengan Ekokardiografi Transesofageal?

· Penyakit kekakuan dan penyumbatan pembuluh darah/Aterosklerosis, penyumbatan arteri secara bertahap oleh lemak dan zat lain dari dalam darah.

· Penyakit pembesaran jantung karena penebalan atau melemahnya otot jantung (Kardiomiopati).

· Penyakit jantung bawaan, kecacatan jantung yang terjadi selama pembentukan jantung janin dalam kandungan.

· Gagal jantung, otot jantung menjadi lemah sehingga darah tidak dapat dipompa secara efisien, sehingga dapat menyebabkan penumpukan cairan (kongesti) di pembuluh darah dan paru-paru, terjadi pembengkakan kaki, pergelangan kaki, dan bagian tubuh lainnya.

· Kelainan pembuluh darah/Aneurisma: melemah dan menonjolnya bagian otot jantung atau dinding pembuluh darah aorta (arteri besar yang membawa darah ber oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh).

· Penyakit katup jantung: kerusakan pada satu atau lebih katup jantung yang dapat menghalangi aliran darah di dalam jantung atau mengakibatkan darah bocor kembali ke belakang (regurgitasi).

· Tumor jantung: dapat terjadi di permukaan luar jantung, di dalam satu atau lebih ruang jantung, atau di dalam jaringan otot jantung.

· Penyakit radang kantung jantung/Perikarditis: peradangan atau infeksi pada kantung yang mengelilingi jantung.

· Penyakit infeksi otot jantung/Endokarditis infektif, infeksi jantung yang biasanya mempengaruhi katup jantung.

· Robekan pada dinding pembuluh darah aorta (Diseksi aorta).

· Pembekuan darah dan stroke. Gumpalan darah dapat terbentuk di dalam bilik jantung, terlepas, dan kemudian mengalir ke otak atau area tubuh lainnya. Paling sering gumpalan ini terbentuk akibat gangguan irama jantung yang tidak teratur atau aliran darah yang tidak lancar di dalam jantung.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum pemeriksaan?

Pasien diminta untuk tidak makan atau minum selama 4 hingga 6 jam sebelum pemeriksaan dan minum obat yang diresepkan hanya dengan seteguk air. Pasien juga harus mempersiapkan pendamping untuk mengantar pulang setelah pemeriksaan karena pasien dapat merasa mengantuk akibat efek obat bius. Pasien harus menginformasikan jika memiliki alergi atau sensitif terhadap obat-obatan tertentu, anestesi lokal, atau lateks, serta riwayat penggunaan obat-obatan (sebelumnya) dan suplemen herbal yang digunakan.

Bagaimana prosedur yang akan dilakukan selama pemeriksaan?

Pasien mungkin akan diberikan obat penenang ringan untuk membantu pasien agar merasa rileks. Pasien juga dapat diberikan oksigen selama prosedur. Tenggorokan akan mati rasa dengan obat bius, kemudian tabung fleksibel seukuran jari telunjuk akan dimasukkan ke dalam mulut pasien dan turun ke kerongkongan. Selama prosedur, pasien mungkin merasakan probe bergerak, tetapi tidak akan menyakitkan atau mengganggu pernapasan. Transduser di ujung tabung melepaskan gelombang suara yang memantul dari jantung  dan diubah menjadi gambar di layar video. Dokter dapat menggerakkan tabung ke atas, ke bawah, dan ke samping untuk melihat berbagai bagian jantung dari sudut yang berbeda. Pemeriksaan biasanya memakan waktu sekitar 20 sampai 40 menit.

Apa Saja Risiko Pemeriksaan Ini?

Kemungkinan risiko TEE meliputi masalah pernapasan, masalah irama jantung, perdarahan, cedera pada gigi, mulut, tenggorokan atau kerongkongan. Jika pasien mengetahui adanya masalah pada esofagus, seperti varises esofagus, obstruksi atau striktur esofagus, atau terapi radiasi ke area esofagus, pemeriksaan TEE mungkin tidak dapat dilakukan. Dokter akan mengevaluasi pasien dengan hati-hati sebelum menjalani prosedur ini.

 

Referensi:

Transesophageal Echocardiogram. Hopkinsmedicine.org. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/transesophageal-echocardiogram. Published 2022. Accessed March 28, 2022.

Transesophageal Echocardiography (TEE). www.heart.org. https://www.heart.org/en/health-topics/heart-attack/diagnosing-a-heart-attack/transesophageal-echocardiography-tee. Published 2022. Accessed March 28, 2022.

Transesophageal Echocardiogram (TEE). https://www.heartandstroke.ca/heart-disease/tests/transesophageal-echocardiogram-tee#:~:text 1.  Published 2022. Accessed March 28, 2022.