Senin, 29 Agustus 2022 12:52 WIB

NYERI PUNGGUNG DI USIA TUA

Responsive image
4635
M.Rama Anshorie, SpOT - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Nyeri punggung bawah (NPB) adalah salah satu keluhan musculoskeletal yang paling sering ditemukan di sentra kesehatan baik di daerah maupun di perkotaan. Nyeri punggung adalah rasa sakit atau kaku yang dapat terjadi di sepanjang tulang belakang, yaitu dari bawah leher hingga tulang ekor. Nyeri punggung merupakan gejala dari suatu kondisi atau penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang.Nyeri punggung bawah pada usia lanjut tidak hanya terjadi pada golongan pekerja kasar, namun juga terjadi pada golongan dengan sedentary lifestyle.

Penderita nyeri punggung bawah biasanya mengeluhkan rasa nyeri, kaku, pegallinu, bahkan kesemutan yang menjalar hingga kepaha dan kaki. Keluhan dirasakan semakin berat dengan aktivitas dan semakin ringan setelah beristirahat.

Nyeri punggung umumnya disebabkan oleh gangguan pada ruas tulang belakang atau jaringan di sekitarnya, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf. Selainitu, kondisi ini juga dapat menjad itanda adanya gangguan organ lain di sekitar tulang belakang, misalnya ginjal.

Penyebab umum nyeri punggung adalah adanya jaringan tulang belakang yang terkilir atau tegang (strain). Nyeri seperti ini biasanya terjadi akibat mengangkat benda berat atau berolahraga secara berlebihan. Selainitu, kondisiini juga bias disebabkan oleh cedera tulang belakang atau kelainan struktur tulang belakang.

Pengobatan nyeri punggung antara lain dengan penggunaan obat pereda nyeri dan terapifisik atau fisioterapi. Namun, bila diperlukan, dokter dapat melakukan tindakan operasi.

Nyeri punggung dapat dicegah dengan upaya sederhana, seperti aktif berolahraga, menjaga berat badan agar tetap ideal, serta mengelola stres dengan baik.

Peregangan otot punggung dapat mengurangi kekambuhan dan gejala, sedangkan penguatan otot punggung dapat mencegah terjadinya nyeri punggung bila dilakukan teratur dan tidak berlebihan.

Referensi

Chou R, Qaseem A, Snow V, Casey D, Cross JT, Shekelle P, et al. Diagnosis and treatment of low back pain: a joint clinical practice guideline from the American College of Physicians and the American Pain Society. Ann Intern Med, American College of Physicians. 2007;147:478.

Bogduk N. On the definitions and physiology of back pain, referred pain, and radicular pain. Pain. 2009;147:17–9. A delineation of low back pain diagnosis and definition.

Hoy D, March L, Brooks P, Blyth F, Woolf A, Bain C, et al. The global burden of low back pain: estimates from the Global Burden of Disease 2010 study. Ann Rheum Dis, BMJ Publishing Group Ltd. 2014;73:968–74. An epidemiological study of global low back pain burden.

Sumber Foto : liputan6.com