Kamis, 25 Agustus 2022 09:25 WIB

Bisa Picu Gangguan Mental, Ini 4 Cara Atasi Overthingking

Responsive image
659
Ns. Yunita Adiyatma, S. Kep. - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Hal yang wajar jika kamu berpikir terlebih dulu sebelum bertindak. Namun, jika terlalu berlebihan hingga menguras waktu dan tenaga, bisa jadi kamu tengah mengidap overthinking. Overthinking yang dibiarkan begitu saja bukan hanya berdampak pada kesehatan mental saja, tetapi juga fisik seseorang.

Memiliki pemikiran yang terlalu berlebihan akan sesuatu hal sangat melelahkan. Lantas, bagaimana tips berhenti overthinking? Jika kamu adalah salah satu orang yang kerap berpikir berlebihan, berikut beberapa cara untuk mengatasi overthinking agar kamu bisa menikmati hidupmu.

1.    Evaluasi apa yang sebenarnya terjadi

Kamu bisa mencoba mengevaluasi apa yang sebenarnya membuat dirimu overthinking. Serta jujur dengan apa yang rasakan di tahap ini. Penting buat jujur dengan diri sendiri di tahap ini. Dengan mengetahui hal tersebut, harapannya kamu bisa berpikir jernih dalam mengambil langkah selanjutnya.

2.    Cerita ke orang yang dipercaya

Coba deh buat ceritain apa yang sebenarnya lagi kamu pikirkan ke orang terdekat. Kamu bisa tanya kepada mereka yang mungkin pernah punya masalah yang sama denganmu. Harapannya, kamu bisa memperluas pandangan mengenai pikiran serta masalah yang kamu miliki.

3.    Curahkan pikiran lewat tulisan

Ingat bahwa kamu gak bisa selalu bergantung orang lain. Karena mereka pun mungkin juga punya kesibukan yang gak bisa ditinggalkan. Karena gak semua hal bisa diungkapkan  ke orang lain, Lewat tulisan kamu gak perlu khawatir buat jadi diri sendiri.

Misalnya, kamu sedang overthinking dan bingung mau cerita sama siapa. Alternatifnya, kamu bisa mulai tulis apa yang lagi kamu pikirkan. Bisa lewat notes di hape, di laptop, sampai buku diary yang kamu punya. Yang penting kamu bisa menyalurkan overthinking ini lewat hal yang positif.

4.    Fokus pada hal yang bisa dikontrol

Fokus dengan diri sendiri serta hal yang sekiranya bisa kamu lakukan.  Hal seperti: kritik orang lain yang gak membangun, apa yang akan terjadi di masa depan, hasil dari usaha kamu terhadap sesuatu, dan lain sebagainya merupakan hal-hal yang di luar kendali. Kalau terlalu memikirkan hal-hal itu, sebenarnya gak akan memberi pengaruh apa-apa juga pada situasi.

Itulah sejumlah tips berhenti overthinking yang dapat dilakukan. Ingat, kebiasaan yang satu ini bukan hanya menyita waktu dan pikiran saja, tetapi juga menggerogoti kesehatan mental dan fisikmu.

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/untuk-mental-kuat-ini-5-tips-untuk-hentikan-overthinking

Gordon, Kathryn (2019). 9 Strategies for Overcoming Overthinking. From https://www.psychologytoday.com/intl/blog/out-the-ivory-tower/201905/9-strategies-overcoming-overthinking

Bergland, Christopher (2017). New Research Explains Why Overthinking Can Hinder Creativity. From https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-athletes-way/201706/new-research-explains-why-overthinking-can-hinder-creativity

Morin, Amy (2017). Science Says This is What Happens to You When You Overthink Everything.