Kamis, 11 Agustus 2022 11:34 WIB

Seberapa Penting Buku KIA?

Responsive image
3441
Alfin Nurrido AMd. Kep - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) adalah salah satu masalah utama dalam kesehatan keluarga. Kesehatan keluarga yang diutamakan adalah pencegahan terhadap penyakit dan gangguan dibandingkan pengobatan. Oleh sebab itulah ada  buku Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA ini, buku yang mana Setiap ibu hamil akan mendapatnya dan digunakan sampai masa nifas, lalu dilanjutkan sampai anak berusia 6 tahun. Buku KIA harus disimpan dan dibawa saat melakukan penimbangan, kontrol, berobat, maupun imunisasi pada anak. Sebab buku KIA digunakan untuk catatan kesehatan dan perkembangan  anak secara lengkap, sehingga dapat menjadi bukti pelayanan kesehatan yang telah dilakukan. Tenaga kesehatan juga dapat memberikan catatan tambahan penting lainnya pada buku KIA.

Salah satu manfaat buku KIA adalah mencegah terjadianya gangguan perkembangan pada anak. Hal ini berhubungan dengan jadwal imunisasi, monitoring perkembangan anak mulai dari motorik halus sampai motorik kasarnya. Juga terdapat informasi gizi seimbang, berat badan ideal sesuai umur  dan vitamin A. Karena hal itulah buku ini wajib dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari sehingga kesehatan keluarga khususnya ibu dan anak akan tercapai.

Padahal buku ini menunjang pelayanan kesehatan ibu dan anak sebagai media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE), serta pencatatan yang efektif dan efisien. Namun menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Anak Prof Soedjatmiko mengatakan, pemanfaatan buku KIA bisa dibilang masih minim. Hal itu dapat dilihat dari fakta Riset Kesehatan Dasar yang menunjukkan tingginya masalah kesehatan ibu dan anak. Mulai dari masalah berat bada bayi baru lahir rendah, anak stunting, sering sakit, ibu hamil kurang dan anak kurang gizi, anak kurang stimulus bermain. Masalah tersebut kelak bisa menghasilkan sumber daya manusia berkualitas rendah," ucap Soedjatmiko dalam acara Master Class Stimulasi dan Nutrisi Fondasi Penting di Masa Toddler dan Pra-Sekolah untuk Mendukung Masa Depan Anak Indonesia di Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

 

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/cantik.tempo.co/amp/1300625/sering-diabaikan-ini-manfaat-buku-kia-untuk-tumbuh-kembang-anak.

https://eprints.poltekkesjogja.ac.id II TINJAUAN PUSTAKA A. Telaah Pustaka 1. Buku KIA  .