Senin, 08 Agustus 2022 14:40 WIB

Club Foot

Responsive image
1516
Ardian Fatkur Rohman, S.Tr - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Clubfoot ( talipes equinovarus ) adalah kelainan bentuk bawaan yang melibatkan kaki, atau dikenal sebagai talipes equinovarus bawaan. Ini adalah salah satu deformitas kongenital yang paling umum dan muncul dengan berbagai tingkat dan keparahan kontraktur yang dapat diprediksi yang bermanifestasi dengan empat deformitas utama yaitu, Cavus kaki tengah, Adduktus kaki depan, Varus tumit/kaki belakang, dan Ekuinus kaki belakang.

Beberapa faktor risiko genetik dan lingkungan yang memainkan berbagai tingkat peran yang berkontribusi dalam manifestasi klinisnya.Faktor lingkungan seperti ibu yang merokok dan diabetes ibu memiliki hubungan yang paling kuat dengan kaki pengkor.Konsumsi alkohol ibu juga mungkin memiliki hubungan.Genetika kemungkinan memiliki peran, meskipun perubahan gen tertentu masih belum jelas. Penelitian menunjukkan bahwa 24,4% kasus memiliki riwayat keluarga yang terkait, meskipun belum mengidentifikasi cara pewarisan yang pasti.Studi kembar monozigot telah menunjukkan konkordansi 33% dibandingkan dengan 3% pada kembar dizigotik.

Diagnosis clubfoot bisa dilakukan sejak dini karena bisa diidentifikasi melalui USG intrauterin rutin selama periode antenatal. Namun, jika tidak dilakukan skrining ultrasonografi prenatal, diagnosis dapat dengan mudah ditegakkan melalui pemeriksaan klinis awal bayi baru lahir.Sistem Pirani melibatkan penilaian enam parameter terpisah di kaki. Setiap parameter secara individual diberi skor 0, 0,5, atau 1 tergantung pada tingkat keparahan. Peringkat ini memberikan skor minimum per kaki 0, dan maksimum 6. Tiga parameter melibatkan kaki belakang, dan tiga parameter melibatkan kaki tengah.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Referensi

Barrie A, Varacallo M. Clubfoot. [Updated 2022 Feb 12]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK551574/

Dyer PJ, Davis N. The role of the Pirani scoring system in the management of club foot by the Ponseti method. J Bone Joint Surg Br. 2006 Aug;88(8):1082-4.

Ippolito E, Gorgolini G. Clubfoot pathology in fetus and pathogenesis. A new pathogenetic theory based on pathology, imaging findings and biomechanics-a narrative review. Ann Transl Med. 2021;9(13):1095. 

sumber gambar : freepic.com