Jumat, 05 Agustus 2022 13:59 WIB

Peduli Kesehatan, Sayangi Ginjal

Responsive image
62
Rini Ismiyati, S.Kep., Ns - RSUP dr. Sardjito Yogyakarta

     Ginjal adalah salah satu organ vital manusia. Tuhan telah menciptakan 2 ginjal untuk manusia yaitu kanan dan kiri, yang setiap harinya menyaring sedikitnya 200 liter darah. Ginjal juga mempunyai peranan penting dalam tubuh manusia, diantaranya berfungsi untuk menyaring racun/limbah agar tidak menumpuk dalam tubuh, mengendalikan kelebihan cairan, mengatur sel darah merah serta mengatur tekanan darah dan kadar garam.

     Menilik pentingnya fungsi ginjal, sudah seharusnya kita senantiasa menjaga kesehatan ginjal. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal diantaranya menjaga tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu pemicu timbulnya gangguan ginjal. Penting bagi kita mengetahui tekanan darah, kemudian mengontrol tekanan darah agar tetap dalam batas normal.

     Penuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan hal yang harus senantiasa kita lakukan agar kesehatan ginjal tetap terjaga. Banyak kampanye telah dilakukan agar kita minum air putih setidaknya 8 – 10 gelas per hari, namun terkadang kesibukan menjadikan suatu alasan seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan cairannya. Ingat, jika jumlah kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, maka aliran darah ke ginjal akan baik sehingga kerja ginjal akan terjaga.

     Atur pola makan dengan menerapkan gizi seimbang. Perbanyak buah dan sayur, serta batasi konsumsi garam. Makanan asin dan berbumbu memang menggiurkan, apalagi di tengah maraknya makanan kekinian yang menggoda. Konsumsi garam berlebih akan memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsinya.

     Menjaga kesehatan ginjal dapat juga dilakukan dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga teratur mempunyai banyak efek positif bagi tubuh, salah satunya untuk ginjal. Lakukan olahraga setidaknya 3 kali seminggu selama minimal 30 menit. Berjalan kaki, jogging, bersepeda, senam, renang, dapat menjadi pilihan agar tubuh tetap aktif dan sehat.

     Hindari rokok dan alkohol. Rokok dan alkohol banyak mengandung racun yang membahayakan organ tubuh, salah satunya ginjal. Hindari rokok dan alkohol agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Secara umum, kesehatan ginjal dapat selalu terjaga dengan kita menerapkan pola hidup sehat. Tidak hanya untuk ginjal, pola hidup sehat ini juga baik untuk organ-organ tubuh kita yang lain. Ayo, peduli kesehatan, terapkan pola hidup sehat.

Referensi:

P2ptm.kemkes.go.id

Halodoc.com