Jumat, 05 Agustus 2022 10:30 WIB

Mengintip Khasiat Kurma Bagi Tubuh

Responsive image
25152
Instalasi Promosi Kesehatan - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

            Buah kurma merupakan salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadhan. Daging buah yang lembut dan manis memang cocok dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa. Tak hanya mengenyangkan, kurma juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam 100 gram buah kurma, terkandung sekitar 280 kalori dan aneka nutrisi seperti:

  • 2–2,5 gram protein
  • 75 gram karbohidrat
  • 65 gram gula
  • 7–8 gram serat
  • 65 miligram kalsium
  • 650 miligram kalium
  • 1 mg zat besi
  • 0,5 miligram zinc
  • 150 IU vitamin A

Selain nutrisi di atas, buah kurma juga mengandung asam folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan beragam jenis antioksidan, termasuk lutein dan flavonoid.  Nah manfaaat apa saja yang diperoleh dari kandungan buah kurma tersebut ? mari kita simak penjelasan berikut.

1.      Baik untuk pencernaan

Kurma mengandung serat pangan yang baik untuk melancarkan pencernaan serta buang air besar. Kurma juga mengandung asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

2.      Menjaga kesehatan tulang

Buah kurma mengandung mineral seperti, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain itu, terdapat juga sekitar 140 miligram kandungan potasium di dalam kurma yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang dibuang oleh ginjal.

3.      Menjaga kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin

Buah kurma juga baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ini karena kurma banyak mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan tumbuh kembang janin, seperti vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat, dan antioksidan.Dengan tercukupinya asupan nutrisi, janin bisa tercegah dari beragam masalah kesehatan, seperti cacat bawaan lahir, kelahiran prematur, atau terlahir dengan berat badan lahir rendah. Buah kurma juga baik untuk menambah energi, sehingga ibu hamil tidak mudah merasa lelah.

4.      Menjaga kekebalan tubuh

Kurma ternyata juga bisa berkontribusi untuk menjaga kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kurma mengandung anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah peradangan serta radikal bebas. Ada sebanyak 3 jenis antioksidan paling potensial dalam kurma yakni:


- Flavonoid, jenis antioksidan yang ampuh untuk menurunkan inflamasi dan berpotensi  menurunkan risiko diabetes, Alzheimer dan beberapa jenis kanker.

- Karotenoid, terbukti mendukung kesehatan jantung dan menurunkan risiko gangguan mata.

- Asam fenolat, dikenal dengan sifat antiinflamasi sehingga menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

5.      Mencegah anemia

Kurma mengandung zat besi yang sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga mengonsumsi kurma secara rutin dapat menghindarkan Anda dari anemia

Sumber :

https://www.alodokter.com/manfaat-buah-kurma-untuk-kesehatan

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-kurma

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220401023932-262-778682/7-manfaat-luar-biasa-kurma-untuk-kesehatan

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kurma-untuk-kesehatan/