Kamis, 23 Juni 2022 23:58 WIB

Tips Atasi Mood Swing Saat PMS

Responsive image
8 kali
Vina Puji Rahayu - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Perubahan suasana hati atau mood swing merupakan salah satu tanda sindrom pramenstruasi (PMS). Memasuki masa PMS sebelum menstruasi wanita akan lebih sering marah,mudah menangis tanpa sebab atau mudah sedih. Kondisi ini terkadang bisa membuat wanita menjadi tidak nyaman dan kurang bersemangat untuk beraktivitas. Hormon yang tidak stabil dapat menyebabkan gejala perubahan suasana hati mulai dari yang ringan bahkan berat. Selain itu, wanita juga bisa mengalami gejala PMS lainnya seperti sakit kepala,perubahan nafsu makan, nyeri payudara, merasa tidak enak badan, mual dan kembung.

Pada umumnya mood swing saat PMS itu merupakan hal yang wajar yang sering dialami oleh wanita. Namun apabila dibiarkan secara terus menerus maka bisa berdampak buruk pada kesehatan. Berikut ini terdapat beberapa tips atasi mood swing saat PMS yang bisa kamu coba dirumah, antara lain:

1.    Olahraga Secara Teratur

Selain meningkatkan kesehatan fisik secara keseluruhan, olahraga juga dapat membantu meningkatkan mood dengan meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon endorfin merupakan hormon yang bisa memunculkan perasaan bahagia. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu sukai seperti bersepeda, berenang atau berjalan kaki. Lakukan olahraga yang kamu sukai selama kurang lebih 30-45 menit secara rutin.

2.    Konsumsi Makanan Yang Sehat dan Bernutrisi

Makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran,yoghurt,susu,ikan, ayam dapat membantu mengelola gejala PMS yang dialami oleh wanita. namun hindari makanan junk food atau makanan  yang mengandung banyak gula atau garam.sebab, hal tersebut bisa mempengaruhi gula darah sehingga dapat membuat orang menjadi mudah tersinggung dan mood swing.

3.    Istirahat Yang Cukup

Pastikan juga untuk mendapatkan kualitas tidur yang  cukup selama PMS. Waktu tidur yang cukup adalah 5 hingga 8 jam sehari. Dengan kualitas tidur yang cukup dapat membantu tubuh meningkatkan metabolisme dan megontrol emosi selama PMS. Perubahan susasana hati dapat dihindari selama PMS jika tubuh dalam keadaan sehat dan bugar

4.    Perbanyak Konsumsi Air Putih

Pastikan kebutuhan cairan tubuh anda terpenuhi setiap saat. Cara termudah adalah dengan mengonsumsi air putih 8 gelas sehari.

5.    Relaksasi

Relaksasi sangat berguna untuk membantu mengelola mood swing ketika PMS. Banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan seperti berjalan, olahraga ringan, yoga dan meditasi. Dengan melakukan relaksasi maka dapat membantu tubuh terasa lebih santai sehingga tubuh menjadi lebih mudah dalam menghadapi perubahan mood saat PMS.

 

Referensi Artikel:

1. https://health.kompas.com/read/2021/11/14/200100768/7-cara-mengatasi-mood-swing-saat-pms?page=all

2.  https://www.alodokter.com/jangan-biarkan-pms-membuatmu-gampang-emosi-ini-caranya

3. https://www.momsmoney.id/news/selalu-mood-swing-saat-pms-ini-tips-mudah-untuk-mengatasinya

4. https://tirto.id/ketahui-cara-mengatasi-mood-swing-saat-pms-gaag

5. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3579504/inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-mood-swing-saat-haid