Kamis, 04 Agustus 2022 10:08 WIB

RSUP HAM Gelar Peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1444 H

Responsive image
39 kali
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menggelar acara peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1444 H di Masjid Nurul Iman RSUP HAM pada Rabu (03/08/2022). Acara berupa pengajian dengan ceramah agama ini dibuka langsung oleh Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), serta dihadiri jajaran direksi, manajemen dan seluruh staf Muslim di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini.

Dalam sambutannya, dr Zainal berharap momentum hijrah Nabi Muhammad SAW dalam peringatan Tahun Baru Hijriah ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi para staf dan seluruh pegawai RSUP HAM untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Ini sebagai introspeksi diri, apa yang harus dilakukan untuk RSUP HAM agar lebih baik lagi ke depannya,” kata dr Zainal menyampaikan harapannya. 

Kegiatan pengajian yang diadakan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan ini sendiri mengangkat tema ‘Hijrah Menuju Pribadi Berakhlak’, yaitu Berorientasi pada pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh qori’ internasional, Ustaz H Mad Kasad Lubis, S.Ag. 

Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian ceramah agama oleh Ustaz H Latif Khan SAg. Dalam kesempatan tersebut, ustaz menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah atau pindah dari Makkah ke Madinah, yang kemudian menjadi awal penanggalan Tahun Hijriah dalam Islam, dengan kesadaran dan tujuan yang sama di antara semua pengikutnya. Momentum hijrah inilah yang harus bisa diteladani dalam kehidupan sehari-hari. 

“Kalau kita bicara hijrah, kita bicara kecerdasan memanfaatkan tantangan jadi peluang. Kita harus memiliki kesadaran yang sama, tujuan yang sama. RSUP HAM juga tidak akan menjadi besar jika seluruh elemennya tidak memiliki kesadaran yang sama, tujuan yang sama,” ucap Ustaz Latif dalam ceramahnya. Dia pun berharap RSUP HAM juga bisa ‘hijrah’ menjadi kelas dunia dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Acara pengajian peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1444 H ini pun ditutup dengan doa bersama, serta dilanjutkan dengan salat Zuhur berjamaah dan makan bersama. Dalam kegiatan ini, turut hadir pula Ketua Majelis Kegiatan Rohani Islam (MKRI) RSUP HAM Prof Dr dr Ridha Dharmajaya SpBS, Sekretaris MKRI RSUP HAM dr Kamal Basri Siregar SpB(K) Onk, pengurus Badan Kenaziran Masjid (BKM) Nurul Iman RSUP HAM, serta jajaran direksi.