Jumat, 26 Juli 2024 15:47 WIB

Tingkatkan Inovasi Layanan Kanker, RSCM Hadirkan Tomoterapi Radixact Terbaru Pertama Di Indonesia

Responsive image
Yogi - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
9

Jakarta (13/07) - RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) terus berupaya melakukan inovasi berkelanjutan dalam peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, salah satunya dalam bidang onkologi. Bentuk realisasi inovasi ini, RSCM hadirkan teknologi alat kesehatan pada pasien kanker yaitu pelayanan tomoterapi Radixact generasi terbaru dan satu-satunya di Indonesia.

Layanan ini disosialisasikan dalam acara Oncology Networking dimana profesional onkologi dari RSCM bertemu dengan onkolog dari berbagai rumah sakit untuk memperkenalkan kemajuan terbaru dalam perawatan kanker. Kegiatan dihadiri oleh Direksi RSCM dan jajaran, profesional onkologi, tamu undangan, dan rekan media.

Perkembangan pesat ilmu dan teknologi kedokteran dalam perubahan pola penyakit di masyarakat, teknik diagnostik dan staging penyakit keganasan, serta tata laksana pengobatan kanker baik secara umum maupun radioterapi, menuntut RSCM untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik dengan fasilitas canggih dan mutakhir. Pelayanan Radioterapi merupakan salah satu pelayanan unggulan dan termasuk dalam pelayanan prioritas kesehatan sebagaimana kita tahu bahwa dalam 5 tahun terakhir kasus kanker di Indonesia mengalami kenaikan drastis dengan tingkat mortalitas tinggi dikarenakan teknologi yang kurang merata di Indonesia. Hal ini pula yang menjadi salah satu prioritas pelayanan Radioterapi RSCM dimana tidak ada antrian bagi pasien untuk mendapatkan perawatan melalui teknologi kedokteran radiasi terbarukan dalam upaya meningkatkan angka harapan hidup pasien kanker.

Menjawab permasalahan ini, RSCM hadirkan pelayanan radioterapi menggunakan alat tomoterapi Radixact generasi terbaru. Inovasi ini menandakan komitmen RSCM dalam memberikan perawatan kanker terbaik bagi pasien. Kehadiran alat revolusioner ini, dipadukan dengan tenaga kesehatan yang mumpuni dibidangnya, terutama dokter-dokter onkologi radiasi terbaik RSCM, menjadi kekuatan RSCM dalam memberikan perawatan kanker terbaik bagi pasien secara multidisiplin.

Radixact dengan sistem radioterapi generasi terbaru menawarkan akurasi dan presisi radiasi yang sangat baik. Sistem ini menggunakan teknologi mutakhir untuk menargetkan tumor dengan tepat sambil meminimalkan kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya. Radixact memungkinkan radiasi untuk diberikan dengan dosis radiasi yang lebih tinggi ke tumor, sambil meminimalkan kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya. Radixact telah terbukti efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker pada seluruh bagian tubuh, termasuk kanker otak, mulut rahim, payudara, paru-paru, tulang, kepala leher, dan prostat.

Kehadiran Radixact di RSCM merupakan salah satu momen penting dalam perjuangan melawan kanker di Indonesia. Dengan adanya alat radioterapi ini diharapkan memberikan kemajuan besar dalam perawatan kanker, terutama dalam bidang onkologi radiasi dan dapat membantu menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup pasien kanker di RSCM dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Selain itu, dengan adanya teknologi layanan radioterapi terbarukan diharapkan untuk memungkinkan dokter onkologi radiasi RSCM dalam memberikan perawatan yang lebih efektif dan aman bagi pasien dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara signifikan.