Jumat, 08 Oktober 2021 14:49 WIB

RSUP HAM Jalani Monev Mutu Pelayanan RS Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Responsive image
52 kali
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) menjalani monitoring  dan evaluasi (monev) mutu pelayanan rumah sakit di era adaptasi kebiasaan baru dengan bimbingan tim Direktorat Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Selasa (05/10/2021). Kegiatan monev ini dibuka langsung Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) di Aula Gedung Administrasi RSUP HAM, serta diikuti perwakilan rumah sakit (RS) daerah di Sumatera Utara (Sumut) secara daring.

“Kebiasaan-kebiasaan yang kita dapatkan saat pandemi harus tetap kita lanjutkan sampai benar-benar kita menuju ke era normal. Dan hari ini, RSUP HAM akan dilakukan monev. Mudah-mudahan dari teman-teman di RS daerah yang secara langsung menyaksikan, apakah jadi pembelajaran ataupun akan lebih baik dari kami, kita bisa bersama-sama nanti untuk berbagi pengalaman,” ucap dr Zainal saat membuka kegiatan monev ini.

Sementara itu, dr Sunarto MKes sebagai tim monev dari Kemenkes RI menekankan upaya perbaikan dan peningkatan komunikasi dalam pelayanan kesehatan. “Kejadian-kejadian di RS itu bukan hanya masalah teknis medis, karena rata-rata penguasaan itu sudah baik. Tetapi masalah komunikasi, itu penting sekali. Komunikasi dalam pelayanan itu menjadi penting. Akreditasi juga menekankan seperti itu,” kata dr Sunarto dalam sambutannya.

 

Kegiatan monev ini dilanjutkan dengan pemaparan hasil self assessment atau penilaian pribadi terkait mutu pelayanan rumah sakit di era adaptasi kebiasaan baru, yang sebelumnya telah dilakukan oleh Komite Mutu dan Keselamatan Pasien RSUP HAM. Selain itu, tim monev yang terdiri atas dr Sunarto beserta Doni Simangunsong SKom MKM dan Evi Christina Br Sitepu Skep Ners tersebut juga sempat melakukan telusur dengan mengunjungi sejumlah ruang pelayanan di lingkungan rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini.

Sebelumnya, acara pembukaan kegiatan monev ini sendiri turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut drg Ismail Lubis MM, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Mardohar Tambunan MKes, dan Sekretaris Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumut dr Syaiful Sitompul MKes secara langsung di Aula Gedung Administrasi RSUP HAM. Selain itu, Ketua PERSI Sumut dr Azwan Hakmi Lubis SpA MKes juga hadir secara daring bersama dengan perwakilan sejumlah RS daerah di Sumut.