Selasa, 29 Juni 2021 08:37 WIB

[HOAX] RESEP OBAT COVID-19

Responsive image
Humas - Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan
8690

JAKARTA - Beredar sebuah narasi pada media sosial Whatsapp Group (WAG) mengenai resep obat untuk pasien Covid-19 yang disebut sudah teruji dan dipakai di RS Covid Wisma Atlit Jakarta. Pada narasi tersebut juga dicantumkan link aplikasi SIRANAP dan nomor telepon salah satu dokter. 

Berdasarkan penelusuran didapatkan fakta bahwa:

  1. Kementerian Kesehatan tidak mengeluarkan narasi sebagaimana dimaksud. Namun perlu diingat untuk penggunaan obat antibiotik dan antivirus harus menggunakan resep dokter. Hal ini dikarenakan masing-masing orang mempunyai kondisi klinis yang berbeda. 
  2. Alamat website https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/ memang benar merupakan link aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap yang memberikan informasi tentang  ketersediaan tempat tidur Covid-19 dan non Covid-19 di rumah sakit. 
  3. Pada Peraturan Menteri Kesehatan nomor 1787 tahun 2010 tentang Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan pasal 8 dinyatakan bahwa tenaga kesehatan dilarang mengiklankan atau menjadi model iklan obat, alat kesehatan, perbekalan kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan kecuali dalam iklan layanan masyarakat.