Senin, 28 Juni 2021 14:03 WIB

RSCM Hadirkan Layanan Stem Cell And Metabolites Clinic RSCM Kencana

Responsive image
Yogi - RSUP dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta
31110

JAKARTA Menjalankan salah satu misi RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna dan profesional berstandar internasional, kali ini RSCM hadirkan layanan unggulan terapi sel punca yaitu Stem Cell and Metabolites Clinic di RSCM Kencana. Peresmian layanan ini diadakan pada Kamis (17/06) yang dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Jajaran Direksi, dan tamu undangan.

Sel punca merupakan sel yang dapat berkembang menjadi bermacam-macam sel pada tubuh suatu organisme. Tali pusat pada bayi yang baru dilahirkan merupakan salah satu sumber sel punca yang saat ini banyak dikembangkan untuk berbagai macam pengobatan. Sel tersebut memerlukan perlakuan khusus sehingga dapat dipanen dan dipakai untuk terapi antara lain untuk pengobatan pada gangguan kesehatan. Pelayanan Sel Punca adalah suatu kegiatan pengelolaan dan pengembangan produksi sel punca dan pelayanan medis yang terintegrasi mulai dari ranah dasar hingga terapan yang bertujuan untuk mengembangkan manfaat sel punca, produk metabolit sel punca dalam menunjang teknologi kedokteran serta memperoleh manfaat ekonomi dari pengembangan tersebut.

Di RSCM hingga saat ini telah dilakukan terapi sel punca pada 531 pasien dari berbagai kasus, antara lain: patah tulang gagal sambung; defek tulang panjang; defek tulang belakang; kelumpuhan akibat cedera saraf tulang belakang; osteoarthritis lutut; lesi osteokondral; degenerasi diskus tulang belakang; spondiloarthrosis; osteoporosis; stroke, gagal ginjal terminal pada anak, diabetes melitus tipe 2; kaki diabetes; luka bakar dalam dan luas; kebutaan karena glaucoma, disfungsi ereksi serta Multiple System Athropy (MSA) yang melibatkan lebih dari 40 dokter subspesialistik dari berbagai keilmuan. Dokter ahli yang terlibat dalam layanan ini antara lain berasal dari bidang Orthopedi, Neurologi, Kulit dan Kelamin, Urologi, Nefrologi Anak, Mata, Endokrin, Bedah Plastik dan Rehabilitasi Medik.

Pendekatan tim multidisiplin yang tersedia di Stem Cell and Metabolites Clinic menjamin layanan yang komprehensif dan integratif oleh dokter-dokter berpengalaman di bidangnya, mulai dari fase penegakan diagnosis, pengobatan implantasi stem cell berbagai penyakit hingga rehabilitasi setelah implantasi. Diharapkan,  Stem Cell and Metabolites Clinic mampu memberikan penanganan secara tepat atas setiap keluhan dan masalah kesehatan secara profesional.

“Di era pandemi ini selain untuk berbagai kasus seperti stroke, ortopedi, kulit dan lain - lain telah diteliti manfaat sel punca pada covid-19 yang kritis. Oleh karena itu inovasi/ terobosan sel punca ini kiranya menjadi alternatif penurunan angka kesakitan dan kematian covid-19 yang kritis di Indonesia. Kami percaya bahwa sel punca di bawah pengelolaan yang tepat dapat menjadi layanan unggulan dan kebanggaan kita bersama. Untuk itu kami mohon bantuan dan kerjasama semua pihak untuk mewujudkan pelayanan sel punca sebagai layanan unggulan dan terdepan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas” ujar dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, FIHA selaku Direktur Utama RSCM pada sambutannya.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menambahkan bahwa penelitian berbasis pelayanan yang dikembangkan di RSCM juga menerapkan kaidah - kaidah penelitian di bidang medis, disamping itu juga harus mempertimbangkan permasalahan etikolegal dan sosial agar tidak berpotensi menimbulkan permasalahan terkait pemanfaatan sel punca pada manusia. Hal ini untuk melindungi keamanan dan keselamatan masyarakat. RSCM sebagai salah satu rumah sakit yang sudah mendapatkan penetapan dari Menteri Kesehatan dapat menjadi contoh bagi rumah sakit lain yang akan mengembangkan pelayanan terapi sel punca.

Saat ini RSCM bekerjasama dengan Kimia Farma melakukan Penyelenggaraan Pengembangan Produksi dan Pelayanan Sel Punca untuk peningkatan kapasitas produksi dan pengembangan pelayanan Sel Punca melalui pengelolaan laboratorium cGMP kultur, ekspansi sel punca dan produk metabolik sel punca untuk memperoleh manfaat yang saling menguntungkan para pihak terutama untuk masyarakat.

Stem Cell and Metabolites Clinic merupakan layanan unggulan RSCM Kencana yang memperkenalkan sistem pengobatan implantasi sel punca dengan konsep pelayanan One Stop Service dimana masyarakat dapat lebih mudah memperoleh informasi serta pelayanan yang efektif dan efisien dari segi waktu dan pembiayaan. Layanan ini mengedepankan pendekatan komprehensif dengan modalitas penatalaksanaan yang terkini. Tim medis yang terintegrasi memiliki pengalaman dalam terapi sel punca dan memiliki kompetensi yang sesuai. Pelayanan implantasi ini telah memperoleh izin produksi dari BPOM dan izin operasional dari Kementerian Kesehatan. Hadirnya layanan ini di RSCM Kencana diharapkan mampu menjawab kebutuhan pasien akan ketersediaan layanan kesehatan modern dengan fasilitas terbaik dan sumber daya manusia yang mumpuni.