Jumat, 18 Juni 2021 11:52 WIB

Inovasi Health Tourism RSOMH Bukittinggi dengan Menggandeng Mitra Wisata

Responsive image
Hukormas - RS Otak Dr.Drs.M. Hatta Bukittinggi
1304

BUKITTINGGI -  RS.Otak Dr. Drs. M. Hatta Bukittinggi (RSOMH) sebagai rumah sakit Nasional Kemkes selalu membuat gebrakan inovasi termasuk di era pandemi Covid saat ini, salah satu program yang dikembangkan adalah membuat paket wisata kesehatan atau lebih dikenal dengan istilah Health Tourism.

Direktur Utama RSOMH Bukittinggi Dr. dr. H. Alsen Arlan, Sp-KBD, MARS bersama Manajemen dan seluruh Civitas Hospitalia  melakukan upaya untuk mewujudkan mimpi tersebut antara lain melakukan audiensi ke kantor Gubernur Sumbar pada tanggal 8 Juni 2021. Gubernur Sumbar sangat mendukung sekali upaya mewujudkan Health Tourism ini karena keindahan alam Sumatera Barat apalagi kota Bukittinggi sudah me Upaya berikutnya adalah pada hari ini tanggal 17 Juni 2021 pihak RSOMH Bukittinggi melakukan acara pertemuan dengan mitra wisata antara lain :

  1. Ketua dan anggota DPC ASITA (Assosiation Of The Indonesia Tours and Travels Agencies) Bukittinggi
  2. Ketua dan anggota DPD ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) Sumbar
  3. Ketua dan anggota PATUH (Perhimpunan Travel Umrah dan Haji) Sumbar

Dalam pertemuan itu perwakilan ketua Asosiasi Travel bapak Khairul Amri, SE menyatakan sangat terharu dengan terobosan yang dilakukan RSOMH Bukittinggi ini. Beliau mengatakan selama ini rumah sakit belum pernah melirik pariwisata untuk bekerjasama, apalagi di era pandemi sekarang ini sektor pariwisata sangat merasakan dampak Covid ini dengan menurunnya wisatawan. Dengan adanya upaya kerjasama paket kesehatan wisata  yang diajukan RSOMH Bukittinggi ini kami sangat gembira dan melihat peluang yang besar untuk kembali meningkatkan kunjungan wisatawan. Di RSOMH Bukittinggi ternyata sudah ada vaksinasi meningitis untuk travel  dan umrah. Selama ini vaksinasi umroh kami pergi ke Padang kedepan kami akan bawa ke RSOMH Bukittinggi.

Selama ini kami hanya melihat diluar negeri seperti di Malaysia, Singapura dan mancanegara lain yang membuat paket kesehatan ini. Tapi sekarang sudah ada terobosan di kota Bukittinggi, objek wisata dan sarana prasarana kesehatan kita ternyata tidak kalah dengan luar negeri. Dengan adanya paket wisata kesehatan ini masyarakat yang berobat dan wisata keluar negeri kita arahkan ke RSOMH dan wisatawan luar negri kita gaet untuk ikut paket ini

Dalam kata sambutannya Direktur Utama juga sangat gembira dan menyampaikan ada beberapa paket wisata kesehatan yang bisa kembangkan antara RSOMH dan mitra wisata antara lain :

  1. Pemeriksaan rapid test dengan service di hotel / tempat penginapan dimana pelayanan diberikan oleh petugas RSOMH  yang mendatangi hotel melakukan Rapid test
  2. Pelayanan paket Stroke Chek Up, dimana wisatawan sambil melancong ke Bukittinggi dapat melakukan Stroke Chek Up atau medical chek up di RSOMH Bukittinggi. Sarana dan prasarana yang ada seperti CT Scan, MRI, TMS dan peralatan lainnya serta SDM dokter spesialis tersedia di RSOMH Bukittinggi dan ini harus diikuti dengan pelayanan yang ramah dan service excellent sesuai dengan motto RSOMH Bukittinggi melayani dengan sepenuh hati
  3. Neuro restorasi, yaitu paket pelayanan penyembuhan bagi pasien pasca stroke dengan memberikan rehabilitasi dan membawa pasien ke pusat - pusat wisata untuk menyembuhkan psikologisnya seperti jam gadang, Ngarai Sianok, Lobang Jepang, Danau Maninjau dan banyak Destinasi di Sumbar lainnya.
  4. Dr. Alsen juga mengatakan kita juga mempunyai ambulance standar VVIP dengan peralatan  yang canggih bisa digunakan untuk menjemput pasien ke bandara atau mendampingi wisatawan selama berwisata.

Rencana kedepan akan diadakan pertemuan lebih lanjut dengan membuat MOU atau antara RSOMH dengan Persatuan travel dan agen perjalanan wisata .