Selasa, 15 Juni 2021 14:47 WIB

Pengampuan Jejaring Intervensi Non Bedah di RSUP M. Hoesin Palembang Bersama Tim RSJPD Harkit

Responsive image
Humas - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang
502

PALEMBANG –  Telah dilakukan kegiatan pengampuan jejaring RS Rujukan Kardiovaskular berupa pelayanan katerisasi (non bedah) di RSUP M. Hoesin Palembang bersama Tim dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita Jakarta pada tanggal 12 – 14 Juni 2021.  

Program pengampuan RS jejaring rujukan kardiovaskular yang dilakukan RSJPD Harapan Kita kepada provinsi lain menyesuaikan dengan pemetaan kondisi RS Daerah yang ada berupa layanan, infrastruktur dan SDM. Sehingga diharapkan masyarakat tidak mengeluarkan banyak biaya tambahan di luar tindakan medis (akomodasi, serta transportasinya). Khusus bagi Pemerintah Daerah diharapkan ada rasa kebanggaan ketika RS daerahnya mampu melakukan pelayanan jantung terpadu, tanpa harus dirujuk.

Program Pembinaan dari RSJPD Harapan Kita dimulai sejak 2012, dengan indikator outcome yang diharapkan dapat menurunkan angka waktu tunggu operasi bedah jantung yang ada di RSJPD Harapan Kita, karena terjadi penyebaran kompetensi pada RS sehingga mampu melakukan operasi bedah jantung mandiri. 

Adapun program pengampuan melalui Pembinaan Rumah Sakit Jejaring Rujukan Kardiovaskuler terbagi menjadi dua yaitu a)    Program Pembinaan Jejaring Bedah, dan b) Program Pembinaan Jejaring Intervensi Non Bedah.