Senin, 17 Mei 2021 15:01 WIB

RSPG Cisarua Bogor Menyelenggarakan Rangkaian World Asthma Day

Responsive image
(IR/RSPG/11/5/2021). - RS Paru Dr.M. Goenawan Partowidigdo Cisarua
677

BOGOR - Rumah Sakit Dr.M.Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor menyelenggarakan rangkaian acara/kegiatan dalam rangka memperingati Hari Asma Sedunia / HAS (World Asthma  Day) yang dilakukan mulai minggu ke empat bulan April sampai dengan minggu ke empat bulan Mei 2021, bertempat di dalam lingkungan RSPG dan diluar lingkungan RSPG Cisarua Bogor. Hari Asma Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Mei, Tema global HAS pada tahun 2021 ini adalah “Mengungkap Kesalahpahaman Asma (Uncovering Asthma Misconceptions)”.


Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya adalah melakukan Edukasi & Promosi Kesehatan RS di Puskesmas yang disampaikan langsung oleh narasumbernya adalah Direktur Utama RSPG (dr. Ida Bagus sila Wiweka, Sp.P(K), MARS.), Edukasi Kesehatan bersama tokoh masyarakat (Toma) dikelurahan wilayah Bogor sebagai narasumber adalah Ketua Klub Asma & Komite Medik RSPG (dr. Fordiastiko, Sp.P(K)), Seminar Online dengan mengambil tema "Optimal Treatment of Asthma" dengan nara sumber dr. Hayatun Na'imah Sp.P dan dr. Nina Herlina Sp.A, Talk Show Online dengan tema “Penyakit Asma” sebagai narasumber Direktur Pelayanan Medik Keperawatan & Penunjang (dr. Alvin Kosasih, Sp.P(K), MKM) dan kegiatan Lomba Senam Asma dengan sasaran peserta adalah anggota Klub Asma RSPG & Pegawai RSPG. Rangkaian acara / kegiatan tersebut dikemas secara komunikatif, informatif dan edukatif (KIE)  dengan  harapan  masyarakat dapat melihat,  mendengar dan menyadari secara langsung tentang kesalahpahaman tentang penyakit asma.


Pada tahun 2021 ini sama dengan tahun 2020 kegiatan puncak acara HAS ditiadakan dimana pada tahun – tahun sebelumnya selalu ada, yaitu berupa kegiatan senam bersama (massal) oleh seluruh anggota klub Asma dan masyarakat awam dari perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang diinisiasi oleh Yayasan Asma Indonesia (YAI), hal ini lebih disebabkan karena masa pandemi Covid-19 yang mengaharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes). 


Tema global HAS memberikan ajakan untuk bertindak mengatasi mitos dan kesalahpahaman umum yang dianut luas tentang asma sehingga mencegah penderita asma menikmati manfaat optimal dari kemajuan besar dalam pengelolaan kondisi ini.


Kesalahpahaman umum seputar asma meliputi :

  • Asma adalah penyakit masa kanak-kanak;  individu akan tumbuh darinya seiring bertambahnya usia;
  • Asma menular;
  • Penderita asma sebaiknya tidak berolahraga;
  • Asma hanya dapat dikontrol dengan steroid dosis tinggi. 

Yang benar adalah: 

  • Asma dapat terjadi pada semua usia (pada anak-anak, remaja, dewasa dan lanjutusia).
  • Asma tidak menular. Namun, infeksi virus pemapasan  (seperti flu biasa dan flu) dapat menyebabkan serangan asma. Atau pada anak-anak, asma sering dikaitkan dengan alergi, tetapi asma yang mulai dewasa lebih jarang alergi;
  • Jika asma terkontrol dengan baik, penderita asma dapat berolahraga dan bahkan melakuan olah raga terbaik;
  • Asma paling sering dapat dikendalikan dengan steroid hirup dosis rendah.