Kamis, 18 Maret 2021 13:07 WIB

Advokasi Keswamas Bersama Stakeholder di Kabupaten Serang, Banten

Responsive image
PKRS - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
817

BANTEN - 21 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Pasung beserta sejumlah ODGJ Berat lainnya yang berada di Kabupaten Serang Provinsi Banten dan ODGJ Terlantar yang ada di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Bani Syifa Kab.Serang, siap dilakukan Pembebasan Pasung, Pemeriksaan serta Evakuasi dan Perawatan Pengobatan di RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM). Hal tersebut disepakati saat dilakukannya kegiatan Silaturahmi dan Advokasi Kesehatan jiwa antara Dinsos Provinsi Banten, Dinkes dan Dinsos Kab.Serang, Puskesmas Cikeusal, LKS Bani Syifa bersama RSJMM, hari Selasa, 16 Maret 2021, di LKS Bani Syifa yang berlokasi di Kp.Tegal, Kec.Cikeusal Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Yayasan Bani Syifa yang di pimpin oleh KH. Baehaqi sebagai Ketua Yayasan dan Toni Azhari sebagai Ketua Rehabilitasi, bersama 28 petugas lainnya, menyampaikan bahwa awalnya Bani Syifa hanyalah sebuah pondok pesantren yang lambat laun berubah menjadi tempat rehabilitasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dinas Kesehatan Kab.Serang melalui Puji Kuntarso, SKM, sebagai Kasie P2PTM, Keswa dan Napza, menyampaikan bahwa terdapat 2005 ODGJ di Kab.Serang, dengan 21 diantaranya adalah ODGJ Pasung, dan menyambut baik advokasi yang dilakukan RSJMM.

KH. Syahrudin sebagai Pembina Yayasan Bani Syifa menyampaikan rasa bangganya atas kedatangan Dinsos Prov Banten, Dinkes dan Dinsos Kab.Serang, Puskesmas Cikeusal dan RSJMM ke LKS Bani Syifa, sementara Nandang dari Dinas Sosial Provinsi Banten, mengucapkan terimakasih kepada RSJMM yang telah bersedia melakukan pemeriksaan dan evakuasi massal terhadap  ODGJ Pasung, ODGJ Berat dan ODGJ terlantar, yang berada di Kabupaten Serang.

Ketut Sudiatmika sebagai Kepala Instalasi PKRS yang dipertegas oleh Iyep Yudiana sebagai Koordinator Lintas Sektor dan Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, mengajak Dinkes Provinsi Banten, Dinsos dan Dinkes Kabupaten Serang, Puskesmas Cikeusal dan LKS Bani Syifa untuk bersama-sama melakukan Promosi Kesehatan Jiwa Masyarakat, dengan menggelar kegiatan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Pasung, ODGJ Berat dan ODGJ Terlantar se-Kab.Serang, "RSJMM siap menerjunkan 15 tenaga profesional yang terdiri dari Psikiater, Dokter IGD, Perawat jiwa, Promkes, Sosial Walker, Administrasi, dll.

Stop Pasung.
Sehat Jiwa.
Pulih, Produktif dan Mandiri.