Kamis, 11 Februari 2021 13:03 WIB

RSUP HAM Ikuti Pekan Vaksinasi COVID-19 Sumut

Responsive image
(humas/ade) - RSUP H. Adam Malik Medan
312

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) ikut berpartisipasi dalam Pekan Vaksinasi COVID-19 Daerah Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Pancasila, Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (10/02/2021). Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) bersama jajaran direksi turut mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg Oscar Primadi MPH yang hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Sumut ini.

Pada kesempatan tersebut, drg Oscar meminta semua pihak terkait harus meneguhkan sikap bersama dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 di setiap daerah. “Apresiasi saya kepada teman-teman di Sumut dalam rangka pelaksanaan pencanangan pekan vaksinasi COVID-19 di Sumut,” ungkap drg Oscar dalam kata sambutannya, sembari mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjalankan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) meskipun sudah mendapatkan vaksinasi.

Pekan Vaksinasi COVID-19 Daerah Sumut ini sendiri terlaksana atas kerja sama Pemerintah Provinsi Sumut, Kemenkes RI, RSUP HAM, USU, Pemerintah Kotamadya Medan, Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, serta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut. RSUP HAM sebagai rumah sakit vertikal Kemenkes RI mengirimkan Tim Vaksinasi COVID-19 sebagai petugas vaksinator dalam vaksinasi massal COVID-19 bagi para nakes di Kota Medan dan sekitarnya tersebut.

Setelah kegiatan seremonial pencanangan pekan vaksinasi ini, drg Oscar dan rombongan pun meninjau dan sempat berbincang dengan sejumlah petugas vaksinator. Dalam kesempatan itu, hadir pula Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Muhammad Budi Hidayat MKes, Rektor USU Dr Muryanto Amin beserta jajaran wakil rektor, Deputi Direksi Wilayah Sumut dan DI Aceh BPJS Kesehatan dr Mariamah, Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Sumut Arsyad Lubis, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan Kotamadya Medan, jajaran direksi Rumah Sakit Pendidikan USU, serta para kepala unit pelaksana teknis (UPT) Kemenkes RI di Medan.

Rektor USU Dr Muryanto Amin sebagai tuan rumah lokasi Pencanangan Pekan Vaksinasi COVID-19 Daerah Sumut ini menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19 pada kesempatan tersebut. Kemudian, diikuti oleh jajaran Wakil Rektor USU dan tamu undangan lainnya. Sementara itu, jumlah nakes yang melakukan registrasi vaksinasi COVID-19 pada kegiatan ini berjumlah sebanyak 2.769 orang, di mana penyelenggara telah menyediakan sebanyak 3.000 vial vaksin COVID-19 untuk pelaksanaan hingga sore hari.