Kamis, 17 Oktober 2024 13:28 WIB

Kajian Islam DWP M Djamil, Dr. Ulfatmi Kupas Tuntutan Islam dan Problematika Kehidupan

Responsive image
Humas - RSUP dr. Djamil Padang
14

Padang (15/10) - Dharma Wanita Persatuan RSUP Dr M Djamil mengadakan kajian Islam dan pertemuan bulanan di Auditorium Gedung Administrasi dan Instalasi Rawat Jalan, Selasa (15/10). Dalam kajian Islam itu menghadirkan pakar konseling Islam Dr Hj Ulfatmi Amirsyah MAg yang membahas tentang Tuntutan Islam dan Problematika Kehidupan. 

"Sikap seorang mukmin, ketika dia bermasalah, baginya sama saja. Ketika dia mendapatkan kebahagiaan dia bersyukur kepada Allah SWT. Dan dia tetap menjaga kualitas ibadah dan amal saleh", kata Pakar Konseling Islam Dr. Hj. Ulfatmi Amirsyah, M.Ag saat memberikan tausiah.

Turut dihadiri Ketua DWP RSUP Dr. M Djamil, Ny. Winanda Dovy Djanas, pengurus dan anggota DWP.  Ia mengatakan ketika mendapat ujian, dia tetap bersyukur. Kenapa? Karena dia sadar betul. "Ini adalah yang terbaik oleh Allah SWT untuk saya. Allah ingin membelai saya dengan ujian-ujian. Ketika saya dibelai, saya makin dekat dengan Allah SWT," tutur dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ini. Untuk membantu menjalani hidup yang lebih baik, kata Ulfatmi, ada beberapa cara mengatasi masalah. Yakni ikhtiar. "Berserah diri bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Berserah diri adalah sebuah upaya untuk bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapi", ungkapnya.

Kemudian, tutur Ulfatmi, temukan akar permasalahannya. Dengan mengetahui akar permasalan secara jelas, Anda bisa mengetahui dengan benar bahwa upaya yang dilakukan sudah berjalan di trek yang benar.

Ia mengatakan cara berikutnya tidak membesarkan masalah. Lihat sudut pandangan lain. "Berpikirlah
positif, berdoa penuh keyakinan. Tak kalah pentingnya evaluasi diri", tuturnya. 

Sementara Ketua DWP RSUP Dr. M Djamil, Ny Winanda Dovy Djanas mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota Dharma Wanita Persatuan serta ajaran Islam dan pelaksanaannya. "Berharap agar para anggota Dharma Wanita Persatuan RSUP Dr M Djamil bisa memperoleh tambahan pengetahuan tentang ajaran Islam dan bisa mengamalkannya", harapnya. Diketahui tidak hanya kajian Islam, DWP RSUP Dr M Djamil mengadakan pertemuan bulanan. Sekaligus penyerahan doorprize.(*)