Selasa, 27 Februari 2024 12:02 WIB

RSO Soeharso Selenggarakan Advanced Cardiovascular Life Support (ACLS) dengan American Heart Association (AHA) Certification

Responsive image
Humas - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta
201

Sukoharjo (22/02) - RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta bekerjasama dengan Bintang Edukasi Medika (BEM) Tangerang, menyelenggarakan pelatihan Advanced Cardiovascular Life Support (ACLS) dengan American Heart Association (AHA) Certification batch 2. Sertifikasi ACLS adalah pelatihan yang diselenggarakan untuk para petugas medis, khususnya dokter dan perawat. Bertempat di Auditorium Lantai 3 Gedung Perkantoran, pelatihan ACLS batch 2 diikuti oleh 25 peserta terdiri dari 4 perserta dari luar RSO dan 21 peserta dari RSO. Pelatihan ACLS terutama untuk kompetensi organisasi resusitasi pada kasus kegawatdaruratan kardiovaskular. “Jika pasien/ orang yang mengalami henti jantung tidak ditangani dengan teknik dan waktu yang tepat akan mengakibatkan hal yang sangat fatal dan bisa menyebabkan kematian” ucap drg. Moh. Nur Nasirudin, M.Kes (Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian) dalam pembukaan pelatihan tersebut.

dr. Kshanti Adhitya, SpEM., MM. selaku Ketua Tim Kerja Pendidikan dan Pelatihan bertindak sebagai ketua penyelenggara Pelatihan. Pelatihan ACLS diawali dengan review Basic Life Support (BLS) oleh Ns. Tommy Wowor, S.Kep.,M.Kep.,MM., sebagai skill dasar dari pertolongan pada korban henti jantung, dilanjutkan dengan materi-materi inti yaitu Pendekatan Sistematis, Airway Management, Acute Coronary Syndrome (ACS), Acute Stroke, Cardiact Arrest, Bradikardia, Takikardia, dan Post Cardiact Arest Care berikut algoritma penanganannya. Selain Ns. Tommy, pelatihan ACLS ini juga difasilitatori oleh Dr. dr. Wahyuni Dian Purwati, Sp.EM, dr. Erik Jaya Gunawan, dr., M.Ked.Klin., Sp.AnTI, Ns. Cindy HMP Simangunsong, S.Kep, dan tim pendukung lainnya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari penuh, dengan hasil 100 % peserta lulus. Tiga peserta terpilih sebagai peserta favorit yaitu Ns. Tyas (dari RS Hermina Surakarta), Dr. dr.Retno Setianing, SpKFR (K) dan Andhitya Kusharyadi, AMK (dari RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta). Sedangkan untuk 3 perserta terbaik diraih oleh Muh. Farid Azzadin, S.Kep., Ns, Kartika Ekawati, S.Kep., Ns. dan Nanda Wardhana, AMK.