Senin, 12 Februari 2024 15:44 WIB

MCU Perusahaan untuk pekerja itu penting!Apa bisa yang Cost Effective ?

Responsive image
Unit Promosi Kesehatan - RSUP Fatmawati Jakarta
66

Jakarta (12/04) - Medical check up merupakan salah satu cara mendeteksi dini penyakit bagi karyawan. Yang selama ini sudah banyak dilakukan oleh instansi atau perusahaan. MCU perusahaan merupakan amanah dari Permenakertrans 02/1980 tentang Pemeriksaan kesehatan tenaga kerja dalam penyelenggaraan keselamatan kerja. yang pada pasal 3 disebutkan bahwa “Pemeriksaan Kesehatan Berkala dimaksudkan untuk mempertahankan derajat kesehatan tenaga kerja sesudah berada dalam pekerjaannya, serta menilai kemungkinan adanya pengaruh-pengaruh dari pekerjaan seawal mungkin yang perlu dikendalikan dengan usaha-usaha pencegahan” Jadi jelas bahwa tujuan MCU ini adalah untuk mempertahankan derajat kesehatan pekerja dan melakukan tindakan preventif.

Manfat pemeriksaan MCU, antara lain  :

  1. Mengetahui keadaan kesehatan karyawan.
  2. Merencanakan tindakan promosi kesehatan berdasarkan hasil MCU tersebut, misalkan hasil pemeriksaan MCU terdapat 70% obesitas yang akan berdampak pada berbagai masalah kesehatan seperti sakit jantung, hipertensi, diabetes yang nantinya akan berpengaruh pada kinerja karyawan misalnya saja jadi sering tidak masuk karena sakit atau berobat.
  3. Memberikan program kebugaran pagi karyawan, misalnya 30 menit treadmill pagi sebelum bekerja atau memberikan fasilitas aerobik pulang kantor dan lain-lain yang program tersebut disesuaikan dengan  kemampuan perusahaan. Sehingga yang awalnya berisiko menderita penyakit metabolik, resiko tersebut dapat diturunkan oleh program kesehatan yang diselenggarakan perusahaan. Sehingga perusahaan tidak kehilangan karyawan-karyawan yang merupakan aset perusahaan untuk kemajuan  perusahaan.
  4. Mengurangi angka absensi karyawan.
  5. Reduksi biaya: Deteksi dini dan pencegahan masalah kesehatan dapat membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan bagi karyawan dan perusahaan. Dengan mengidentifikasi potensi risiko kesehatan dan mengatasi mereka dengan cepat, perusahaan dapat meminimalkan dampak penyakit kronis dan biaya perawatan kesehatan jangka panjang.
  6. Kepatuhan dengan peraturan kesehatan dan keselamatan kerja: perusahaan diwajibkan melaporkan hasil evaluasi medis rutin pada karyawan.
  7. Investasi jangka panjang dalam bidang kesehatan karyawan melalui MCU enunjukkan komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Ini menunjukkan bahwa perusahaan menghargai kesehatan dan keamanan tenaga kerja.

Dapat disimpulkan bahwa MCU merupakan salah satu bentuk kepedulian  perusahaan  pada kesehatan karyawan, mengurangi biaya Pengobatan, meningkatkan produktivitas, memastikan kepatuhan terhadap peraturan.